Kabupaten Jayapura dukung desa dalam pemberdayaan TIK

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Sentani, Jubi – Kabupaten Jayapura diberikan penghargaan khusus oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI sebagai Kabupaten yang mendukung terlaksananya pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Desa. Penghargaan yang sama juga diterima oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Woro Indah Widiastuty, staf ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengatakan ada sejumlah Kabupaten di Indonesia yang mendukung penuh pemberdayaan desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), termasuk Kabupaten Jayapura, Papua dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Untuk itu sebagai bentu kepedulian Kementerian, maka daerah-daerah yang peduli ini diberikan reward atau penghargaan atas partisipasi pemerintah daerahnya.

“Dari data yang diterima oleh kami, Kabupaten Jayapura secara pemenuhan fasilitas dalam mendukung desa/kampung yang diberdayakan dalam penyelenggaraan pemanfaatan teknologi TIK sudah cukup maksimal. Oleh sebab itu, kami merasa penting juga memberikan suport dan dukungan terhadap pemerintah daerah disini,” jelas Woro Indah Widiastuty di Khalkote Distrik Sentani Timur, Rabu (28/9/2016) usai pelaksanaan pembukaan festival Desa Teknologi dan Informasi (DesTIKA).

Staf Ahli Menteri Kominfo ini juga menyebutkan bahwa pelebaran fasilitas layanan jaringan komunikasi yang terhubung melalui bawah laut di berbagai daerah sudah dihubungkan. Baik di bagian barat, tengah, dan timur Indonesia.

“Untuk perluasanya sudah kami hubungkan muai dari barat Indonesia di Daerah Riau pada Kepulauan Natuna sepanjang 200 km, sementara untuk wilayah Indonesia tengah dari Kalimantan hingga Sulawesi secara khusus di Sanger Talaud mencapai 2700km, dan untuk wilayah timur Indonesia secara khusus di Papua direncanakan pelebarannya mencapai 6000km. Ini merupakan program nasional, sehingga diharapkan pemenuhan layanan jaringan bawah laut ini dapat terayomi di seluruh Nusantara,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, pihaknya tetap mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kominfo. Sebab secara global saat ini informasi dan komunikasi di Papua secara khusus di Kabupaten Jayapura sering mengalami kendala.

Loading...
;

“Untuk menunjang lancarnya komunikasi dan informasi dari daerah ke pusat maka diperlukan fasilitas yang baik. Dengan demikian semua laporan terkait pembangunan yang dilakukan di daerah dapat dilaporkan secara cepat dan akurat kepada pemerintah pusat. Sebagai pemerintah daerah disini kita memberikan apresiasi yang tinggi atas kepercayaan dan dukungan serta spirit yang diberikan sehingga pelaksanaan festival DesTIKA ke 4 ini boleh terlaksana di daerah ini,” ungkapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top