Kabupaten Jayapura operasikan TPS ramah lingkungan

Papua
Peresmian TPS ramah lingkungan di Doyo Lama, Kabupaten Jayapura, Selasa (8/12/2020) - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kabupaten Jayapura mengoperasikan tempat pemungutan sampah atau TPS ramah lingkungan di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu. Pengoperasian TPS tersebut untuk mengurangi produksi sampah di Tempat Pemungutan Akhir atau TPA di Kampung Waibron, Distrik Sentani Barat Moi.

“Keberadaan TPS ini diharapkan memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat. (Karena itu) harus ada model usaha yang melibatkan masyarakat,” kata Bupati Mathius Awoitau saat peresmian TPS, Selasa (8/12/2020).

TPS ramah lingkungan ini akan mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah dengan mesin pencacah. Pengelolaannya melibatkan kelompok swadaya masyarakat.

Unit pengelolaan sampah yang dikenal dengan TPS 3R (Reduce, Reuse and Recycle) tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pemerintah Kabupaten Jayapura hanya menyiapkan fasilitas pendukungnya.

“Sebagai langkah awal, kami akan menyusun program (pengelolaan TPS). Selanjutnya, akan dikerjakan secara mandiri oleh masyarakat, termasuk melibatkan bank sampah,” lanjut Awoitau.

Dia meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura berkoordinasi dengan Pemerintah Distrik Waibhu dan Pemerintah Kampung Doyo Lama. Mereka harus mengoptimalkan keterlibatan warga sebagai pengelola TPS ramah lingkungan tersebut.

Kepala DLH Kabupaten Jayapura Kris Kores Tokoro menambahkan pengoperasian TPS 3R akan mengurangi tumpukan sampah di TPA Waibron. Mereka akan mengerahkan alat berat untuk memilah sampah di TPS Doyo Lama.

Loading...
;

“Kami telah membentuk kelompok kerja yang direkrut dari warga lokal.  Mereka akan mengelola sampah di TPS 3R ini,” kata Tokoro.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah  Papua Kornelis Sagrim menyatakan mereka juga siap mendukung peningkatan kapasitas pengelolaan TPS ramah lingkungan di Doyo Lama. Dukungan tersebut termasuk pengembangan sarana dan prasarana pengelolaan sampah.

“TPS ini akan memilah sampah untuk dikelola kembali (daur ulang). Kami akan terus mendukung kemandirian masyarakat setempat dalam mengelola sampah,” kata Sagrim. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top