Kabupaten Jayapura optimalkan peranan pemerintah kampung adat

Mathius Awoitauw (kiri), dan Giri Wijayantoro (kanan) - Jubi/Engelbert Wally.
Kabupaten Jayapura optimalkan peranan pemerintah kampung adat 1 i Papua
Mathius Awoitauw (kiri), dan Giri Wijayantoro (kanan) – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengajak masyarakat memanfaatkan pendopo kampung arau obhe untuk bermusyawarah dan bermufakat. Keputusan akhir setiap permasalahan tetap berada pada kepala suku atau ondofolo dan tetua adat masing-masing.

“Kalau semuanya (permasalahan masyarakakat) di bawa ke Gunungmerah (Kantor Bupati Jayapura), bagaimana bisa diselesaikan. Pelayanan (masyarakat) begitu padat dan harus dilaksanakan aparatur sipil negara,” kata Bupati Awoitauw, Kamis (13/2/2020).

Awoitauw mengatakan sebagian kewenangan dan tugas pelayanan kepada masyarakat telah delegasikan kepada pemerintah kampung adat setempat. Hal tersebut, menurutnya penting untuk diketahui masyarakat.

“Struktur (silsilah) keluarga, batas tanah, hutan, dan perairan, serta aturan-aturan dasar kampung harus diketahui masyarakat (setempat). (Semua permasalahan) tidak akan selesai kalau dibawa keluar kampung. Ujung-ujungnya (malah terjadi) pertikaian sesama keluarga,” jelasnya.

Awoitauw berharap pemerintah distrik maupun pemerintah kampung memainkan peran penting mereka sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah kabupaten. “Belasan kampung adat sudah akan mendapat nomor registrasi dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Dengan demikian, pelaksanaan pemerintahan di kampung adat sudah ditopang oleh anggaran dan program yang jelas.”

Harapan serupa diutarakan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro. Dia menyebut Kabupaten Jayapura merupakan kabupaten satu-satunya di Indonesia yang menerapkan sistem pemerintahan kampung berbasiskan adat.

Loading...
;

“Tidak semua persoalan harus dilaporkan kepada pihak berwajib. Kalau bisa diselesaikan dengan cara mufakat, kenapa mesti repot-repot keluar dari kampung,” katanya. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top