TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Kabupaten jayapura jadi tuan rumah Kongres Masyarakat Adat Nusantara

Masyarakat Adat di Papua
Penampilan tarian masyarakat adat pada perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat beberapa waktu lalu. - Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kabupaten Jayapura akan menjadi tuan rumah Kongres Masyarakat Adat Nusantara. Kongres itu diperkirakan akan diikuti 7.000 orang wakil masyarakat adat dari Sabang sampai Merauke.

Hal itu dinyatakan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (7/7/2021). Menurutnya, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) telah menunjuk dirinya sebagai ketua panitia penyelenggara Kongres Masyarakat Adat Nusantara di Kabupaten Jayapura.

Awoitauw juga mengatakan ribuan masyarakat adat yang menjadi delegasi Kongres Masyarakat Adat Nusantara itu nantinya akan menginap di berbagai kampung di Kabupaten Jayapura.  Para delegasi itu akan belajar dan mengenal adat istiadat masyarakat adat di Kabupaten Jayapura.

Baca juga: AMAN Jayapura gelar Pembekalan Fasilitator Suku

“Sesungguhnya agenda itu bukan agenda pemerintah, tetapi agenda masyarakat adat. Oleh sebab itu, segala hal terkait apa dan bagaimana kegiatan tersebut dilaksanakan akan diputuskan oleh masyarakat adat sendiri,” kata Awoitauw.

Ia mengajak masyarakat adat di Kabupaten Jayapura untuk memberikan pelayanan dan tempat yang terbaik bagi para delegasi Kongres Masyarakat Adat Nusantara itu. Ia berharap seluruh masyarakat adat yang mengikuti Kongres Masyarakat Adat Nusantara akan menunjukan bagaimana keberagaman itu menjadi satu kekuatan dalam merajut persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

“Saya ingatkan bahwa gerakan itu menjadi gerakan yang besar agar [masyarakat adat dan] adat istiadat benar-benar kokoh di Republik ini. Kita tidak berpikir hal-hal yang diluar dari prinsip dan norma adat itu sendiri. Masyarakat adat itu tidak berpolitik praktis seperti saat ini. Justru adat melihat, mengayomi dan melindungi, bahkan memberikan kehidupan bagi warga masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua AMAN Jayapura, Benhur Wally mengatakan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara akan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura pada Oktober 2022. “Sambil berkoordinasi dengan AMAN pusat dan pemerintah daerah, pembentukan wadah dan organisasi di tingkat kampung sedang kami lakukan. Agenda kegiatan kongres nantinya juga dilaksanakan di masing-masing kampung,” kata Wally. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us