Follow our news chanel

Previous
Next

Kabupaten Jayapura siapkan suplai ikan untuk PON XX

Papua
Penyerahan bibit ikan bantuan DKP Kabupaten Jayapura di Kampung Sereh, Distrik Sentani, - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiDinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura menggelontorkan sebanyak 9.000 bibit ikan budi daya kepada sejumlah kelompok masyarakat di Kampung Sereh, Distrik Sentani.  Bantuan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Piara Ikan di Kabupaten Jayapura, yang dicanangkan pada Juni.

“Bantuan serupa diberikan juga kepada kelompok masyarakat di 12 distrik lain, dan akan berlanjut hingga ke kawasan Danau Sentani. Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, (ikan hasil budi daya tersebut) untuk menyuplai kebutuhan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura Rudi Saragih, Selasa (1/9/2020).

Bibit ikan tersebut terdiri atas nila, mujair, dan lele. Ditargetkan ada sekitar 100 kolam yang disiapkan untuk mengembangkan budi daya ikan di sejumlah perkampungan di Kabupaten Jayapura.

“Kampung Sereh sangat cocok dijadikan kampung wisata berbasis perikanan karena berada di kaki Gunung Cycloops sehingga sumber airnya melimpah. Potensi alam ini harus dikelola sebaik mungkin dengan selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap asri dan rindang,” jelas Rudi.

Kelimpahan potensi sumber air bersih itu, menurutnya juga bisa dimanfaatkan untuk pemandian umum sehingga menjadi daerah tujuan wisata baru. “Warga yang berekreasi bisa sekalian menikmati (sajian) pangan lokal, terutama ikan nila yang dipelihara masyarakat kampung ini.”

Kepala Kampung Sereh Steven Eluay mengatakan mereka juga telah menyiapkan belasan kolam untuk beternak ikan dari bibit bantuan DKP Kabupaten Jayapura tersebut. Kolam dibangun secara swadaya dengan melibatkan pemuda setempat.

“Mereka dengan kemampuan sendiri membuat kolam ikan. Semoga (hasil) kreativitas mereka berdampak terhadap peningkatan ekonomi keluarga, dan masyarakat umum,” kara Eluay. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top