Follow our news chanel

Kabupaten Penajam masuk perencanaan sebagai ibu kota negara

Ilustrasi ibu kota, pixabay.com
Kabupaten Penajam masuk perencanaan sebagai ibu kota negara 1 i Papua
Ilustrasi ibu kota, pixabay.com

Punya keunggulan luas lahan yang mencapai 3333,06 kilo meter persegi, atau lebih luas dibanding Jakarta

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Penajam, Jubi – Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masuk nominasi yang akan dijadikan sebagai tempat ibu kota negara. Sejumlah pertimbangan menjadikan alasan daerah itu sebagai ibu kota.

“Menjadi kandidat sebagai ibu kota negara Indonesia itu harus memenuhi sejumlah persyaratan,” kata Sekretaris Kabupaten Penajam, Tohar, Rabu, (1/5/2019).

Tohar mengaku tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional telah mensurvei di wilayah Penajam Paser Utara, untuk menentukan lokasi calon ibu kota negara Indonesia. Tercatat sejak 2018 lalu sudah delapan kali Tim Bappenas turun melakukan pengkajian lokasi.

Menurut dia, daerahnya punya keunggulan luas lahan yang mencapai 3333,06 kilo meter persegi, atau lebih luas dibanding Jakarta yang hanya memiliki luas 661,5 kilo meter persegi. Selain itu dari sisi kualitas lahan di daerahnya sangat jelas terdiri dari ribuan hektare lahan hak guna usaha (HGU) dan kawasan budidaya hutan (KBK) serta struktur tanahnya juga lebih padat.

“Lahan HGU dan KBK milik pemerintah sangat luas, jadi tidak perlu ada pembebasan lahan kalau pemerintah ingin menggunakan lahan itu untuk lokasi pembangunan,” katanya.

Loading...
;

Tercatat Kota Palangkaraya di Provinsi Kalimantan Tengah, serta Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan juga disurvei dan menjadi kandidat calon lokasi ibu kota negara menggantikan Jakarta. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top