Follow our news chanel

Previous
Next

Kadepa: RDP evaluasi Otsus mesti mengakomodir masukan berbagai pihak

Ilustrasi rapat gabungan kelompok kerja (pokja) MRP - Jubi/Humas MRP

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Anggota komisi bidang pemerintahan, politik, hukum dan HAM DPR Papua, Laurenzus Kadepa mengingatkan pihak yang terlibat pembahasan Otonomi Khusus (Otsus) Papua, dapat mengkomodir masukan dari berbagai pihak.

Ia mengatakan, DPR Papua telah membentuk panitia khusus (Pansus) Otsus dan Majelis Rakyat Papua telah membentuk tim, mempersiapkan rapat dengar pendapat atau RDP, evaluasi Otsus dengan semua rakyat Papua.

“Semua masukan mesti ditampung dan dilakukan kajian. Tidak buru-buru mengambil kesimpulan,” kata Kadepa melalui panggilan teleponnya, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, Pansus Otsus dan tim kerja RDP MRP mesti berada pada posisi netral. Mendengar semua masukan dari berbagai pihak. Baik yang menolak Otsus dan menyatakan Otsus, yang mendukung Otsus tetap berlanjut.

Ia mengakui, kini berkembang pro-kontra mengenai Otsus di kalangan masyarakat Papua. Ada yang menyatakan Otsus gagal dan tak perlu dilanjutkan. Akan tetapi ada pihak yang menyatakan Otsus berhasil.

Untuk itu para pihak yang diberi tanggung jawab membahas Otsus dan rencana pelaksanaan RDP, mesti berhati-hati dalam bekerja.

“Mereka yang ingin Otsus lanjut, mungkin karena selama ini diuntungkan dengan adanya Otsus. Sementara yang menyatakan Otsus gagal karena tak merasakan dampak Otsus,” ujarnya.

Loading...
;

Ketua MRP, Timotius Murib mengatakan pihaknya telah membentuk tim beranggotakan 19 orang, untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan RDP.

“Tim ini akan melaksanakan seluruh proses persiapan, kurang lebih tiga bulan ke depan. Mereka menyiapkan seluruh tahapan RDP rakyat Papua di 29 kabupaten dan kota di Provinsi Papua dan 12 kabupaten di Papua Barat,” kata Murib beberapa hari lalu.

Menurutnya, dalam proses ini pihaknya akan membangun komunikasi dengan semua pihak dengan harapan semua pihak memahami dan mendukung RDP, termasuk kelompok masyarakat dan mahasiswa yang menolak apapun aktivitas MRP.

“Kami akan membangun komunikasi supaya kita satu pemahaman supaya rakyat salurkan pendapat secara bersama dan santun,” ungkapnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top