Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kadinkes Deiyai harap surat izin jalan dikeluarkan setelah rapid test

Warga pedalaman saat melintasi kilometer 100 Siriwo. - Jubi/Abeth You
Kadinkes Deiyai harap surat izin jalan dikeluarkan setelah rapid test 1 i Papua
Warga pedalaman saat melintasi kilometer 100 Siriwo. – Jubi/Abeth You

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Deiyai, Jubi – Banyak warga dari Deiyai, Dogiyai, dan Paniai menuju Nabire menggunakan surat izin jalan khusus yang ditandatangani oleh masing-masing bupati. Hal itu berdasarkan keputusan bersama para Bupati se-Meepago, pada Kamis (16/4/2020), di kilometer 100 Siriwo. Namun, tidak sedikit pula ditemui warga yang menggunakan surat izin jalan palsu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Deiyai, Kornelis Pakage, menegaskan sebelum menerbitkan surat izin jalan khusus, harus dilakukan pemeriksaan kesehatan atau rapid test di puskesmas atau rumah sakit setempat.

Kadinkes Deiyai harap surat izin jalan dikeluarkan setelah rapid test 2 i Papua

“Saya lihat banyak sekali orang menggunakan surat izin palsu. Saya sarankan agar sebelum kasih surat izin dari bupati, harus lakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD atau puskesmas pakai rapid test,” ujar Pakage, kepada Jubi, Jumat (1/5/2020).

Pakage menegaskan, jika hasil rapid test terhadap warga yang mengurus surat izin itu positif, maka akan dilakukan pemeriksaan kedua kalinya dan kalau masih tetap positif, harus dirujuk ke BLU RSUD Nabire guna diperiksa lebih lanjut.

“Jadi ini diwajibkan juga kepada sopir truk dan pikap yang bawa naik bahan makanan. Mereka harus diperiksa rapid test,” katanya.

Administrator Diosean Keuskupan Timika, P. Marten Kuayo, mengatakan pemerintah wajib menjaga dan mengontrol mobilitas penduduk yang baru masuk di masing-masing kabupaten.

Loading...
;

“Seperti di Nabire ini pintu masuk utama untuk beberapa kabupaten di wilayah pegunungan, maka yang harus dijaga itu di Nabire, kalau di Anim Ha itu di Merauke, Saireri itu di Biak dan Serui, ini harus serius,” ujar Kuayo. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top