Kadisdik Siapkan Jadwal Tes Urine untuk Guru

Ilustrasi sampel urine - Dok. Jubi
Ilustrasi sampel urine – Dok. Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Madiasya merespon positif rencana Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua untuk melakukan tes urine kepada guru di Kota Jayapura.

“Dalam waktu dekat kami akan bertemu dengan BNN untuk menyiapkan jadwal tes urine kepada semua guru,” katanya kepada Jubi, Selasa (2/8/2016).

Pemerintah kota sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan BNN Provinsi Papua untuk mendukung program penanganan penggunaan narkoba.

I Wayan Madiasya mengatakan, tes urin akan dilakukan kepada semua guru dan hasilnya akan diumumkan.

“Tes urine bagi guru sangat penting, sebab semua murid sudah dites tapi gurunya belum, ini dilakukan agar ada keseimbangan,” katanya.

Ia menegaskan, sanksi akan diberikan kepada guru yang ketahuan menggunakan narkoba. “Kami tidak main-main, kami akan memberikan sanksi penunadaan naik pangkat,” katanya.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua Jack Lapongan mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Jayapura harus menyiapkan tempat untuk bisa melakukan pengetesan urin kepada  para guru. Tes urin dilakukan untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Loading...
;

Ia mengatakan, tes urin terhadap siswa telah dilakukan di tujuh sekolah di Kota Jayapura. Hasilnya, 19 siswa dari empat sekolah positif menggunakan ganja atau THC.

“Penanganan terhadap mereka, kami bekerja sama dengan sekolah melakukan pendampingan dengan dibantu masing-masing orang tua mereka,” katanya.

Pendampingan terhadap terhadap siswa yang dinyatakan positif dilakukan agar tidak menjadi virus bagi siswa lainnya. Selain itu, mereka juga bisa terbebas dan bisa mendapatkan haknya untuk bisa belajar.

“Pemeriksaan urin tersebut untuk menyelamatkan mereka, bukan untuk mempidanakan,” kata Jack. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top