Follow our news chanel

Kadisdikbud: Anak harus dibekali TI hadapi era globalisasi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa berpendapat, kehidupan manusia di masa sekarang dan masa datang tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Salah satu bentuk teknologi yang sangat cepat perkembangannya adalah Teknologi Informasi (TI).
 
“Tapi pendidikan TI usia dini tentunya harus disesuaikan dengan teori tumbuh-kembang anak usia 0-8 tahun ini. Anak usia 0-8 tahun bila dikategorikan pola pendidikannya dapat dibagi lagi menjadi empat,” katanya ketika dikontak Jubi, Senin (13/2/2017).
 
Keempatnya adalah usia pembinaan orang tua (0-2 tahun), usia pra sekolah (2-4 tahun), usia sekolah formal (4-6 tahun), dan usia persiapan pendidikan dasar (6-8 tahun). Setiap kategori usia dini memiliki bentuk pendidikan TI yang berbeda.
 
Sedangkan pendidikan Ti, katanya, ada dua hal, yaitu mengenalkan TI sejak dini dan membantu proses belajar anak dengan cara yang lebih menyenangkan. Dalam hal ini komputer dikenalkan sebagai obyek yang dipelajari dan sekaligus juga komputer dipakai sebagai media pembelajaran ilmu-ilmu lainnya.
 
“Bentuk pengenalan TI berupa pengenalan perangkat keras komputer yang bisa dilihat dan dipegang langsung oleh anak, misalnya CPU, monitor, mouse, keyboard, dan printer,” ujarnya.
 
Pengenalan perangkat keras itu, tambahnya, dilengkapi penjelasan fungsi alat dengan cara praktek penggunaannya.
 
"Jadi, anak tidak diperbolehkan untuk menancapkan sendiri steker ke stop kontak atau memegang perangkat yang sekiranya teraliri listrik secara langsung, ini untuk menjaga agar anak tidak terkena sengatan listrik," katanya.
 
Mika, pegawai di Kima Farma, Jayapura mengatakan, pengenalan TI kepada anak usia dini memang sudah harus dilakukan, mengingat perkembangan zaman yang makin modern.
 
“Sekarang ujian akhir sekolah saja sudah menggunakan komputer, mungkin 10 hingga 15 tahun ke depan tingkat SD juga,  jadi perlu pelajaran tersebut dan semua harus dimulai dari orang tua,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top