Follow our news chanel

Previous
Next

Kaka Slank: Pembangunan tak boleh melenyapkan hutan Papua

Hutan Papua
Slank turut memeriahkan konser virtual Hutan Merdeka #BeradatJagaHutan yang berlangsung Sabtu (29/8/2020). - Tangkapan layar Youtube/Econusa TV

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makasar, Jubi – Vokalis grup band Slank, Akhadi Wira Satriaji yang lebih tenar dengan sebutan Kaka Slank menyatakan pembangunan tak boleh melenyapkan hutan Papua. Hal itu disampaikan Kaka saat tampil bersama bandnya dalam konser virtual Hutan Merdeka #BeradatJagaHutan yang digelar Yayasan EcoNusa secara dari melalui Youtube, Sabtu petang (29/8/2020).

Kaka menyebut, pembangunan di Papua pada saat ini berjalan pesat. “Hutan [Papua] harus tetap ada meski pembangunan di Papua berjalan pesat,” kata Kaka.

Menurutnya, masyarakat Indonesia dituntut bersatu menjaga hutan di Papua, yang kini dalam ancaman ekspansi pembangunan. Katanya, kini hutan di berbagai negara telah “hilang”.

Baca juga: Iwa K: Jangan sampai generasi muda disebut ‘tak tahu adat’ karena tidak menjaga hutan

Hutan sebagai paru-paru dunia kini menyisahkan hutan di Brazil dan Indonesia. Di Indonesia hutan harapan paru-paru dunia yang tersisa ada di Papua. “Para pemimpin di Papua ke depan, mesti konsen menjaga hutan,” ujarnya.

Katanya, selama puluhan tahun berkarir, grup band Slank banyak memotret kejadian dan pemandangan. Termasuk di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Areal itu dulunya hijau, sebelum banyak pejabat dan kaum konglomerat membangun vila di sana.

“Hutan masih hijau, itu dulu. Hari ini berbeda signifikan. Saya tidak ingin menangisi tapi menantang loe, [kamu] semua, apa yang bisa loe lakukan [untuk] menjaga laut, sungai, gunung, dan hutan,” ucapnya.

Loading...
;

Musisi asal Papua yang ambil bagian dalam konser itu, Michael Jakarimilena mengatakan hutan di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan sudah habis. Yang tersisa adalah hutan di bagian Indonesia Timur, yakni Maluku dan Papua. “Hutan Papua dan Maluku adalah benteng terakhir kita. Mari kita bersama bergotong royong untuk menjaganya,” kata Michael Jakarimilena. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top