Follow our news chanel

Previous
Next

Kaliki sewakan mobil untuk pencairan e-warung

Papua
Kartu Keluarga Sejahtera - dok.BUMN/Indonesia.go.id.
Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pemerintah Kampung Kaliki, Kabuapaten Merauke menyiapkan kendaraan bagi penerima manfaat Program Warung Elektronik atau e-warung saat berbelanja di ibu kota Distik Kurik, Merauke. Aktivitas tersebut berlangsung sejak kemarin.

“Kami menyewa kendaraan untuk mengantar warga berbelanja. Itu tidak sekaligus (bisa diantar) karena warganya (penerima manfaat e-warung) banyak,” kata Kepala Kampung Kaliki Thimotius, Senin (15/6/2020).

 

Program e-warung merupakan bantuan pangan nontunai yang digelontorkan Kementerian Sosial untuk keluarga miskin. Para penerima manfaat mencairkan kupon bantuan tersebut dengan membelanjakan barang kebutuhan pokok di warung atau gerai yang ditunjuk pemerintah.

“Warga membelanjakannya di Kios Barokah di (ibu kota) Distrik Kurik. Penunjukkan kios tersebut berdasarkan koordinasi dengan Bank Rakyat Indonesia (perbankan penyalur bantuan) karena tidak ada toko atau kios di kampung (Kaliki),” jelas Thimotius.

Barang kebutuhan pokok yang dibelanjakan warga tersebut, di antaranya bumbu masak, telur ayam, mi instan, teh, dan gula pasir. Warga pun mengaku merasa terbantu dengan Program e-warung.

“Warga mengambil (berbelanja) kebutuhan pokok (di ibu kota) distrik. Itu (e-warung) sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19, saat ini,” kata Lukas Ndiken, warga Kaliki.

Program e-warung hanya salah satu bentuk subsidi dari pemerintah yang digelontorkan untuk keluarga miskin dan terdampak Covid-19 di Kaliki. Adapun bentuk subsidi lain, di antaranya disalurkan melalui bantuan sosial tunai, dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Loading...
;

Setiap penerima manfaat hanya boleh menikmati salah satu dari program bantuan tersebut. Jika mereka telah menjadi peserta e-warung, tidak berhak lagi menerima BST maupun PKH.

“Ada sebanyak 126 keluarga di Kaliki, tetapi hanya 29 keluarga penerima BST. Setiap keluarga menerima sebesar Rp600 ribu,” ujar Thimotius. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top