Kampanye pilgub, anggota DPRP izin bukan cuti

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, pada masa kampanya pemilihan gubernur-wakil gubernur (pilgub) Papua selama kurang lebih empat bulan ke depan, anggota DPR Papua yang akan ikut kampanye pasangan calon (paslon) hanya menyampaikan izin, bukan cuti.

Ia mengatakan, pihaknya sudah membahas hal itu dalam rapat badan musyawarah (bamus) DPR Papua, Jumat (23/2/2018), dan rapat Kamis (22/2/2018), bersama Bawaslu Papua. Untuk memperjelas hal ini, DPR Papua dijadwalkan rapat bersama Bawaslu setempat, pukul 18.00 WP kemarin.

“Dalam UU Pemilukada nomor 10 tahun 2016 sudah  jelas. Kami tidak mau hal ini membuat dua kandidat yang ada bermasalah dan dikorbankan,” kata Wonda, Jumat (23/2/2018).

Menurutnya, ini harus jelas kepada seluruh anggota DPRP dari partai politik, baik yang akan terlibat langsung dalam kampanye maupun tidak. Parpol meminta kadernya yang duduk di DPRP, bekerja untuk paslon yang diusung partai.

Katanya, ini berarti semua anggota dewan dari parpol harus bekerja. Namun jika semua cuti, tentu aktivitas di DPR Papua juga tidak berjalan, selama masa kampanye.

Selain itu siapa yang akan melaksanakan pemaparan visi misi dua paslon di DPRP yang dijadwalkan 6 Maret 2018 mendatang, karena terhitung 26 Februari 2018, sudah memasuki tahapan kampanye.

Loading...
;

“Pada pertemuan sebelumnya dengan Bawaslu, mereka memahami itu. Jadi setiap akan ikut agenda kampanye kami harus izin. Rakyat tidak boleh jadi korban karena kepentingan pilkada,” ujarnya.

Kata Wonda, pihaknya masih menunggu jadwal dari KPU. Jadwal itu nantinya akan dilampirkan dalam surat izin kampanye anggota dewan.

Menanggapi itu, Komisioner Bawaslu Papua, Anugrah Pata mengatakan, pihaknya berpendapat, aturan izin kampanye ini tidak perlu ditargetkan. Jika dewan cuti selama masa kampanye, berarti tak ada aktivitas dewan.

Bawaslu menilai, izin yang diberikan kepada setiap anggota dewan itu akan mengikuti kampanye. Karena yang terpenting ada surat izin dari pimpinan dewan.

“Kan tidak semuanya langsung kampanye dalam sehari. Bisa saja hari ini satu dua orang, pekan depan anggota dewan lainnya,” kata Anugrah. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top