HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kampung Ifar Besar akan dikembangkan menjadi kampung wisata

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dan Kepala Kampung Ifar Besar, Arnold Yoku saat meninjau situs penanda perkabaran Injil di Ifar Besar. – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura akan menjadikan Kampung Ifar Besar di Distrik Sentani menjadi kampung wisata. Rencana itu disampaikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw seusai mengikuti ibadah di GKI Inri Phulende Kampung Ifar Besar, Minggu (9/2/2020).

Mathius Awoitauw menyatakan Kampung Ifar Besar memiliki lokasi strategis dan bisa menjadi daerah tujuan wisata. Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020 membuka peluang Kampung Ifar Besar menjadi kampung wisata.

“ Kampung [Ifar Besar] itu sangat dekat dengan Bandara Sentani. Setiap tamu yang datang bisa diajak untuk sekedar beristirahat dan menikmati makanan lokal yang disediakan,”  kata Awaoitauw.

Selain mudah diakses, Kampung Ifar Besar juga bernilai sejarah. Kampung Ifar Besar merupakan gerbang masuknya perkabaran Injil di Danau Sentani.

“[Di pesisir utara Papua], perkabaran Injil dimulai dari daerah teluk di Metudebi, lalu ke Genyem. Orang-orang Sentani pada masa itu pergi menjemputnya masuk, dan dimulailah pekabaran injil dari sini, [Phulende] Kampung Ifar Besar, hingga tersebar ke seluruh kampung, dari timur sampai barat,” ujar Awoitauw.

Ia menyatakan pembangunan jalan alternatif yang menghubungkan Telaga Ria di Distrik Sentani Timur hingga ke Yabaso di Distrik Sentani akan mendukung pengembangan Kampung Ifar Besar menjadi kampung wisata. Awaoitauw meminta masyarakat tidak tinggal diam dan menjadi korban pertumbuhan kawasan Sentani sebagai ibukota Kabupaten Jayapura.

Loading...
;

“Masyarakat harus ikut berlomba di dalamnya, dengan menyiapkan segala potensi unggulan yang dimiliki. PON XX Papua harus menjadi bagian kita semua,” katanya.

Awoitauw menyatakan Kampung Ifar Besar harus dibenani dan ditata. Ia berharap Pemerintah Kampung Ifar Besar dan warga bersama-sama aktif menjaga Kampung Ifar Besar. Awoitauw meminta para warga menjaga agar jangan ada orang mabuk berkeliaran di kampung itu.

“Harus ada perubahan yang lebih baik dari waktu-waktu yang lalu. Ini kesempatan serta peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik. Tentu pemerintah daerah akan beri dukungan,” kata Awoitauw.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kampung Ifar Besar, Arnold Yoku mengatakan Pemerintah Kampung dan warga mendukung program pembangunan Pemerintah Kabupaten Jayapura. Arnold menyatakan Kampung Ifar Besar berada dekat dengan kota. Fasilitas transportasi seperti mobil dan  motor sudah bisa masuk hingga ujung kampung.

“Jauh-jauh hari sebelum genderang PON XX Papua dibunyikan, kampung ini sudah membuka diri dan menata kampung. Walaupun belum maksimal, secara perlahan [penataan itu] akan terus dilakukan. Ini menjadi kerja bersama Pemerintah Kampung dan masyarakat,” kata Yoku.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top