Follow our news chanel

Kampung Yoka serius menggarap Kampung Layak Anak

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Sejak Maret 2016, Kampung Yoka di Kota Jayapura menjadi kampung percontohan layak anak. Kampung layak anak demi menjelamatkan dan membangun generasi emas Papua.

“Masa depan anak kita harus siapkan, kalau dia sukses, orang akan cari tahu dan bicara kampung, nama kampung akan disebut,” ungkap Adriana Membri, ketua Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kampung Yoka kepada Jubi di Yoka, Kamis (9/02/2017).

Pembentukan kampung layak anak, katanya, lebih pada upaya membangun kesadaran kepada orang tua. Orang tua diberitahu bagaimana harus mendidik anak tanpa kekerasan fisik maupun non fisik supaya anak tumbuh dan besar tanpa ada tekanan dan trauma psikologi.

Aktivis anak dan perempuan, Dince Naomo Membri yang juga bendahara PATBM mengatakan, kampung layak anak mulai disosilisasikan kepada masyarakat. Sosialisasi melalui pemasagan baliho, memberikan pemahaman kepada keluarga-keluarga pada kesempatan doa-doa keluarga, dan pertemuan resmi yang diselanggarakan aktvis kampung.

Menurutnya respon masyarakatnya sangat positif. Masyarakat mulai memberitahukan kasus-kasus kekerasan terhadap anak ke aktivis kampung. Aktvis mendatangi dan menyelesaikannya di para-para adat atau secara pribadi.

“Kita temukan lima kasus sepanjang 2016, kita bantu menyelesaikan dan membantu proses pembinaan anak selanjutnya,” ungkapnya.

Loading...
;

Ia menjelaskan, aktivis kampung berjumlah sepuuh orang, tetapi semuanya tidak kerja maksimal sehingga tidak semua keluarga di Kampung Yoka terjangkau. Tim hanya menjangkau ke beberapa keluarga.

“Tetapi kami tiga atau empat orang masih kerja dengan meminjam ruang kerja kantor kampung karena belum ada gedung khusus, kegiatan yang padat tahun ini,” ujarnya.

Kepala Kampung Yoka, Antonius Meberi memberikan perhatian serius kepada tim ini. Ia menyediakan gedung dan ruangan kampung untuk kegiatan tim.

“Kami menyediakan rungan karena ini masalah menyelamatkan generasi kampung Yoka, kita tidak bisa membiarkan generasi kampung ini,” ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top