Follow our news chanel

Previous
Next

Kantor Bupati Jayawijaya mulai dibongkar

Proses adat melumurkan darah wam (babi) di setiap bangunan kantor bupati yang terbakar, sebelum dilakukan pembongkaran. -Jubi/Islami
Kantor Bupati Jayawijaya mulai dibongkar 1 i Papua
Proses adat melumurkan darah wam (babi) di setiap bangunan kantor bupati yang terbakar, sebelum dilakukan pembongkaran. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Wamena ke-63 tahun, ditandai dengan dimulainya rencana pembangunan kembali kantor Bupati Jayawijaya, yang terbakar pada peristiwa 23 September 2019.

Selasa (10/12/2019), Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Persekutuan Gereja-gereja Jayawijaya (PGGJ), menandai dimulainya pembangunan kembali kantor bupati yang diawali penggusuran dan pembongkaran puing-puing bangunan.

“Kita hari ini lakukan syukuran untuk penggusuran lokasi kantor bupati, pada momentum HUT Kota Wamena ke-63. Kita berharap tahun depan begitu kita lelang sudah bisa dikerjakan, dan kita rencanakan dua tahap pembangunan kantor bupati yang baru,” kata Bupati John Richard Banua, di Wamena, Selasa (10/12/2019).

Sebelum dilakukan penggusuran, dilakukan pula ibadah singkat dan proses adat yang merupakan suatu penghormatan bagi pemberi warisan daerah tersebut. Secara adat dan keagamaan telah selesai, tinggal menunggu peletakan batu pertama dan pembangunan kembali awal tahun depan.

Menurut Banua, kantor bupati baru nantinya akan dibangun tiga lantai, dimana seluruh tempat kerja OPD yang terbakar di area kantor akan digabungkan menjadi satu.

“Kita akan bangun dua tahap, awal pembangunan pada 2020 dan 2021 yang semuanya bersumber dari APBD Jayawijaya dan juga bantuan dari Gubernur Papua,” katanya.

Loading...
;

Ia menyebutkan juga pembangunan kembali kantor bupati melalui lelang, siapa yang memenangkan maka ia berhak untuk diberi tanggung jawab membangun kantor bupati tersebut.

“Akan dilelang karena kita tahu kondisi kantor ini tidak bisa kita kerja sepotong-sepotong, harus benar-benar kontraktor yang punya kemampuan karena pembangunan ini strukturnya tiga lantai, sehingga kita berupaya pembangunan yang benar-benar baik,” katanya.

Bupati menambahkan, target anggaran yang disediakan berkisar Rp 200 miliar, untuk keseluruhan pembangunan hingga 2021 nanti.

Sementara itu, Ketua FKUB Jayawijaya, Pendeta Esmon Walilo secara pribadi sebagai anak daerah dan pelayan menilai, hal ini suatu momen yang baik bertepatan dengan HUT Kota Wamena dan perayaan Natal bersama.

“Kita semua harapkan bukan hanya kantor bupati tetapi ruko-ruko dan rumah pribadi yang terbakar dibangun cepat, sehingga umat kita yang masih trauma bisa merasa nyaman jika bangunan sudah diperbaiki, agar bisa dinikmati kembali,” katanya.

Ia menambahkan dengan dibangunnya kembali kantor bupati sebagai honainya daerah ini, diharapkan pelayanan pemerintah daerah dapat berjalan dengan semestinya.

“Selama tidak ada kantor atau ketika di kantor sementara di Gedung Otonom Wenehule Huby, masyarakat yang datang cukup kesulitan mendapat pelayanan, karena tidak mengetahui letak-letak OPD yang dipindahkan sementara,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top