Follow our news chanel

Previous
Next

Kantor Imigrasi Sorong dan Manokwari bentuk Tim Pora laut

Ilustrasi logo kantor imigrasi - Jubi/IST
Kantor Imigrasi Sorong dan Manokwari bentuk Tim Pora laut 1 i Papua
Ilustrasi logo kantor imigrasi – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) laut untuk mengoptimalkan pengawasan warga negara asing (WNA) yang masuk melalui kapal telah dibentuk Kantor Imigrasi Manokwari dan Sorong.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Papua Barat, Anthonius Ayorbaba menjelaskan wilayah perairan di Papua Barat cukup luas. Jalur laut pun terbuka cukup lebar di hampir seluruh kabupaten kota.

“Ini inovasi yang kami lakukan dalam pengawasan WNA. Seluruh kapal yang masuk di Papua Barat diawasi oleh Tim Pora Laut. Di seluruh pelabuhan yang menjadi pintu masuk dan pintu keluar pengawasan dilakukan secara ketat,” kata Ayorbaba, Selasa (25/02/2020).

Pada Agustus 2019 kata dia, Kantor Imigrasi Sorong mendeportasi tiga warga Australia yang diamankan di tengah aksi demonstrasi pascakerusuhan saat itu. Diketahui tiga WNA itu masuk ke Sorong melalui jalur laut.

“Kasus-kasus seperti ini yang perlu kita antisipasi, jangan sampai itu terulang. Pengawasan di jalur laut harus ditingkatkan,” katanya.

Sedangkan pada kegiatan pengawasan, pihaknya saat ini mengalami kendala karena satu dari dua kapal Imigrasi mengalami kerusakan. Meskipun demikian pihaknya sudah mengajukan program rehabilitasi ke Kementerian Hukum dan Ham.

Loading...
;

Ia menjelaskan, salah satu tugas yang berikan kepada Tim Pora Laut adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama di wilayah pesisir dan kepulauan. Mereka pun diminta membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat agar bisa bekerja sama dengan Tim Pora.

“Kami pun berharap, masyarakat yang tinggal di pesisir bisa menyampaikan informasi kepada Tim Pora. Jika ada warga asing yang tinggal di lingkungannya. Sekecil apapun informasi warga itu berguna bagi kami,” katanya.

Ayorbaba mengatakan, Tim Pora telah terbentuk 10 kabupaten/kota. Bahkan keberadaan mereka sudah berada hingga tingkat distrik.

“Tim ini terwakili dari berbagai instansi. Di dalamnya ada Imigrasi sendiri, ada TNI-Polri serta perwakilan dari pemerintah daerah. Sejauh ini koordinasi kita cukup bagus,” katanya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top