Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kantor kampung adat harus menjadi spirit kebangkitan adat

Ilustrasi masyarakat adat Papua – Jubi/Engel Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kantor kampung adat harus menjadi pusat aktivitas masyarakat setempat. Itu untuk membuktikan kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura.

“Kehadiran kantor kampung adat merupakan sebuah terobosan (prestasi). Ini merupakan (hasil) kerja keras seluruh komponen masyarakat kampung,” kata Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, saat meresmikan Kantor Kampung Adat Homfolo di Distrik Ebungfauw, Selasa ( 11/2/2020).

Dia mengatakan bangunan yang kokoh bergantung pada kekuatan pondasinya. Itu sama halnya dengan gedung yang baru saja diresmikannya. Keberadaan bangunan pun menjadi sia-sia apabila tidak mendatangkan manfaat bagi masyarakat setempat. “Kami berharap pemerintah kampung adat berkontribusi terhadap (pembangunan) masyarakat.”

Kepala Suku Kampung Simporo Demas Tokoro optimistis keberadaan kantor kampung adat mampu membangkitkan semangat kerja aparatur dalam melayani masyarakat. “Ada banyak perubahan (kemajuan zaman) di tengah masyarakat adat,  tetapi jati diri dan (nilai-nilai) adat istiadat harus tetap utuh. Ini menjadi beban (tanggung jawab) para aparatur pemerintah kampung adat untuk melaksanakan fungsi dan tugas masing-masing.”

Kantor Kampung Adat Homfolo dibangun dengan anggaran alokasi dana desa 2017-2018. Nilai pembangunannya lebih dari Rp1miliar.

“Bangunannya (memiliki) dua lantai beton permanen, dan dilengkapi fasilitas pendukung. Ada ruangan musyawarah (pertemuan) di lantai satu, dan ruangan administrasi di lantai dua. Selain itu, terdapat kamar kecil (toilet), televisi, komputer dan perabotan kantor lainnya,” kata Ketua Panitia Pembangunan Kantor Kampung Adat Homfolo, Hofni Tokoro.

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top