HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

KAP Papua harus manfaatkan potensi lokal dan berdayakan OAP

Salah satu produk lokal brand kopi Wamena (Baliem blue Coffee) milik orang Papua yang banyak diminati masyarakat Indonesia - Jubi/Agus Pabika
KAP Papua harus manfaatkan potensi lokal dan berdayakan OAP 1 i Papua
Salah satu produk lokal brand kopi Wamena (Baliem blue Coffee) milik orang Papua yang banyak diminati masyarakat Indonesia – Jubi/Agus Pabika

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) diminta memfasilitasi orang asli Papua dari pesisir hingga pegunungan untuk memanfaatkan potensi lokal yang ada di daerah masing-masing untuk agar bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut dikatakan Ketua Dewan Adat Papua (DAP) versi KLB, Dominikus Surabut dalam kegiatan Konferpussus KAP Papua di Jayapura, Selasa (12/11/2019).

KAP Papua harus manfaatkan potensi lokal dan berdayakan OAP 2 i Papua

Menurutnya, KAP Papua harus siap menghadapi tantangan untuk mengakomodir orang asli Papua agar mampu bersatu menguasai perekonomian di tanah Papua dengan memanfaatkan hasil bumi yang ada.

“KAPP akan menghadapi tantangan yang luar biasa karena, KAPP menganggu piring makannya orang lain (investor luar),” kata Surabut.

Katanya, dengan menguasai perekonomian, identitas, otoritas dan hak-hak OAP, dapat berdiri menjadi tuan di atas negeri sendiri.

“Lukas Enembe berada di depan untuk menjadikan KAP Papua sebagai embrio peradaban orang Papua. Sehingga para pengusaha Papua harus benar-benar memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” kata Surabut.

Loading...
;

Ia juga menegaskan, semua orang Papua harus punya pemikiran yang sama untuk mengangkat harkat dan martabat orang asli Papua. Terutama melalui KAPP, memanfaatkan potensi lokal yang ada, dari pesisir hingga pegunungan, akan memperkuat harga diri orang Papua.

Sementara itu Adolf Alpius Asmuruf, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Papua juga berharap KAP Papua mengakomodir semua pengusaha Papua untuk mengambil alih perekonomian di Papua yang kebanyakan di jalankan oleh pengusaha luar Papua.

“Kita punya pengusaha Papua punya banyak potensi, namun potensi tersebut tidak dimanfaatkan baik secara profesional dan ini harusnya di dukung oleh pemerintah kabupaten masing-masing terutama dalam pemberdayaan terhadap para pengusaha,” katanya.

Ia juga berharap semua pengusaha Papua baik di industri, kontraktor dan wirausaha harus bersatu untuk membuat satu perubahan besar dalam dunia usaha saat ini.(*)

 

Editor : Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa