HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kapolda Papua Barat bukan OAP, Mandacan nilai Tito tak tepat janji

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan saat mengaku kecewa dengan Kapolri Tito karnavian yang kembali mengingkari janjinya dalam rotasi jabatan Kapolda Papua Barat. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengaku kecewa dengan keputusan Kapolri  Tito Karnavian dalam mutasi jabatan Kapolda Papua Barat. Ini akibat janji Tito kepadanya untuk menempatkan salah satu anak asli Papua sebagai Kapolda Papua Barat setelah Brigjen Rudolf Alberth Rodja.

Dikatakan Mandacan, bahw Kapolri Tito sendiri yang pernah berjanji dan disaksikan seluruh warga di Papua Barat, untuk menempatkan salah satu putra  Papua menjabat Kapolda Papua Barat. Janji Tito disampaikan saat peresmian kantor Polda Papua Barat tahun 2018 lalu.

“Kalau kecewa ia, saya jelas kecewa karena pak Tito sendiri yang janji. Tapi sekarang dia ingkari janjinya,” ujar Mandacan kepada wartawan di Manokwari, Kamis (2/5/2019).

Mandacan mengakui, Kapolri Tito Karnavian baru menghubunginya pada tanggal 26 April, setelah mengeluarkan surat perintah pergantian Kapolda Papua Barat.

“Sprin sudah  keluar baru pak Tito hubungi saya. Tapi kan saya juga punya harapan, bahwa harus orang Papua yang jabat Kapolda Papua Barat,” kata Mandacan.

Meskipun telah mengaku kecewa, tapi Mandacan tetap mendukung keputusan Kapolri Tito karena hal tersebut merupakan kewenangan Kapolri dalam internal institusi kepolisian.

Loading...
;

“Inikan kewenangan Pak Tito sebagai Kapolri, dan hari ini juga sudah dilantik, maka intinya kami tetap terima dan dukung sehingga Kapolda Papua Barat yang baru nanti bisa  ikuti jejak kapolda  lama,” ujarnya.

Mandacan juga berharap, Kapolda Papua Barat yang baru bisa meningkatkan koordinasi dengan berbagai isntansi terutama dalam menjaga stabilitas daearah di Papua Barat.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua  Barat AKBP Mathias Krey dalam siaran persnya kepada wartawan di Manokwari mengatakan mutasi jabatan Kapolda Papua dan Papua Barat berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor: ST/1202/IV/KEP/2019 tanggal 26 April 2019.

Baca juga  Jelang pesparawi kota Kaimana “dipoles” 

“Benar, kami telah terima surat telegram tentang mutasi Perwira Tinggi dan Perwira Menengah dari Mabes Polri. Namun untuk upacara serah-terima jabatan Kapolda Papua dan Papua Barat dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019 di Mabes Polri,” ujar Krey. (*)

Editor      : Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa