Follow our news chanel

Previous
Next

Kapolda Papua: Forkopimda harus cepat atasi eksodus mahasiswa

Kapolda Papua Irjen Pol. Rudolf Rodja – Jubi/Roy Ratumakin.
Kapolda Papua: Forkopimda harus cepat atasi eksodus mahasiswa 1 i Papua
Kapolda Papua Irjen Pol. Rudolf Rodja – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kapolda Papua Irjen Pol. Rudolf Rodja berharap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua bergerak cepat menangani para mahasiswa yang memilih pulang ke Papua.

Menurutnya, harus dipikirkan bagaimana kelanjutan pendidikan para mahasiswa yang meninggalkan universitas mereka di kota studi.

“Kemarin kami sempat melakukan pertemuan dengan pihak Uncen dan USTJ, di mana kedua kampus tersebut tidak bisa serta merta dapat menerima para mahasiswa yang pulang tersebut untuk melanjutkan kuliahnya di dua universitas di Kota Jayapura ini. Untuk itu, Forkopimda harus memikirkan hal ini secepatnya,” katanya, Jumat (13/9/2019) di Gedung Negara, Jayapura.

Kata Kapolda Rodja, jangan karena kepulangan para mahasiswa di Papua dan Papua Barat mengakibatkan para mahasiswa tersebut tidak bisa mengikuti ujian tengah semester.

“Jangan karena hal ini, pendidikan anak-anak kita terbengkalai. Jadi saya berharap pak Gubernur bisa membuat surat pemberitahuan kepada perguruan tinggi di mana anak-anak kita kuliah untuk mengambil cuti satu atau dua semester sambil mengurai persoalan yang terjadi akhir-akhir ini. Kita harus berpikir jernih untuk masa depan anak bangsa dan harus mencari solusi yang terbaik.” ujarnya.

TNI kata Rodja telah menyiapkan dua pesawat jenis Hercules yang bisa dipakai oleh pemerintah untuk memulangkan para mahasiswa ke kota studi-nya masing-masing.

Loading...
;

“Panglima TNI menyiapkan dua pesawat. Kini tinggal Pemprov yang bersuara kapan bisa digunakan maka pesawat tersebut dapat digunakan. Ada dua rute penerbangan yaitu Jayapura-Makassar dan Jayapura Manado, dan bisa memuat 100 hingga 120 orang. Kapan pemerintah butuhkan, kami sudah siap,” katanya.

Di tempat yang sama Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan dirinya sudah memerintahkan Sekda Papua untuk berkomunikasi dengan perguruan tinggi, tempat para mahasiswa itu menempuh pendidikan.

“Surat sudah dikirim oleh pak Sekda, dan isinya adalah meminta cuti bagi mahasiswa dan pelajar yang sudah terlanjur pulang. Kita berharap, hal ini bisa berjalan lancar sehingga tidak merugikan kedua belah pihak baik itu pihak universitas maupun anak-anak kita,” ujarnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top