Follow our news chanel

Previous
Next

Kapolda Papua hadiri FGD untuk melawan hoaks

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw ketika diwawancarai wartawan - Jubi/Yance Wenda
Kapolda Papua hadiri FGD untuk melawan hoaks 1 i Papua
Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw ketika diwawancarai wartawan – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Usai pembagian sembako kepada pengungsi Wamena di Lanud Silas Papare dan Mako Yonif 751 Raider Sentani, agenda Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) untuk memperkuat keterpaduan elemen masyarakat dalam melawan berita hoaks guna menjaga kedamaian Tanah Papua

“Kegiatan FGD ini mengumpulkan tokoh agama, tokoh permepuan, tokoh pemuda, tokoh adat,  pelajar, mahasiswa, dan semau stakeholder. Kami dari TN dan Polri bersama mendengar permasalahan tentang hoaks yang terjadi dan dampak-dampaknya,” kata Irjen Polisi Drs. Paulus Waterpauw, kepada wartawan di Sentani, Selasa (1/10/2019).

Paulus mengatakan di era digital ini untuk semua masyarakat dapat mengkonsumi berita dengan bijak.

“Kita tahu bahwa eranya sekarang sudah seperti ini, era digital. Untuk itu perlu dengan bijak membaca sebuah berita, mengetahui sumbernya dan meneruskan kepad pihak yang lain,” jelasnya.

Karena tidak membaca dengan teliti, katanya, sehingga dapat juga menimbulkan hoaks.

“Misalnya ada satu kecelakaan yang sudah lama (terjadi) terus diangkat dan dikatakan, ini bagian dari pembunuhan yang terjadi dua tiga hari yang lalu  dan tanpa segaja berita itu diteruskan tanpa diklarifikasi. Ini kan berbahaya, padahal itu kejadian yang sudah satu tahun atau beberapa bulan yang lalu,” ucap Waterpauw.

Loading...
;

Tokoh masyarakat Sentani, Boas Enok, dalam sesi tanya jawab mengatakan dalam melawan berita hoaks ini yang harus dilakukan masyarakat dan kehidupan dalam setiap keluarga.

“Masih mau menangis kah Papuaku dan Indonesiaku? Air mata bercucuran dimana-mana, mayat berserakan dimana-mana tak henti-hentinya membasahi bumi, apakah ini harus terjadi terus,” ucapnya.

Ia juga berharap ada tindak yang tegas yang dilakukan oleh pihak TNI dan Polri dalam mengatasi penyebar berita hoaks dan juga mereka yang memanfaatkan kesempatan yang terjadi saat ini di Papua.

“Kapan konflik ini akan berakhir? Kalau kita mau buat maklumat itu harus ada tindakan jangan hanya slogan belaka saja,” kata Boas Enok. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top