Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KAPP bukan penampung para pencari proyek

Ketua KAPP Merauke Saverinus Samkakai (tengah) saat memberi keterangan pers, Kamis (13./2/2020) – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kamar Adat Pengusaha Papua mengklaim ikut berkontribusi dalam memperjuangkan perbaikan ekonomi Orang Asli Papua di Merauke. Salah satunya melalui pendirian koperasi.

“Kami masuk ke (melayani) sejumlah Mama-Mama Papua yang mengembangkan usaha di pasar. KAPP akan terus bersama (memerhatikan kesejahteraan) mereka,” kata Ketua Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Kabupaten Merauke Saverinus Samkakai, saat konferensi pers, Kamis (13/2/2020).

Samkakai mengatakam KAPP merupakan himpunan pengusaha Orang Asli Papua (OAP) yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan usaha ekonomi. Organisasi ini juga turut memperjuangkan hak-hak adat OAP.

“KAPP menjadi mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke. Keberadaan KAPP merupakan turunan dari (dibentuk berdasarkan) Peraturan Presiden No 17/2019. Kami bekerja secara profesional dan mampu menjalankan usaha ekonomi,” jelas Samkakai.

Sekretaris KAPP Merauke Yoseph Nautje mengatakan anggota aktif mereka saat ini tercatat sebanyak 60 orang di Merauke. Pengurus juga aktif menyosialisasikan keberadaan organisasi mereka.

Nautje menampik anggapan bahwa KAPP hanya menampung para OAP yang ingin mendapatkan pekerjaan atau proyek dari pemerintah. Bidang garapan mereka juga tidak sebatas usaha jasa kontruksi.

Loading...
;

“Sejak dilantik pada 2019 , kami terus menyuarakan (menyosialisasikan) bahwa KAPP tidak hanya bicara (mengenai) jasa konstruksi, tetapi (memperjuangkan agar) OAP menjadi pelaku usaha. KAPP juga tidak pernah membagi-bagikan (jatah) pekerjaan (proyek) kepada pengusaha OAP, tetapi mengaturnya agar lebih baik dan merata,” jelasnya.

Dia menambahkan KAPP akan terus membangun komunikasi intensif dengan Pemkab Merauke. Upaya itu dilakukan KAPP sebagai mitra dari pemerintah daerah. (*)

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top