Follow our news chanel

Karena pandemi Covid-19, salat Ied berjamaah di Papua ditiadakan

Suasana rapat Pemerintah Provinsi Papua dengan tokoh agama di Jayapura. - Jubi/Alex
Karena pandemi Covid-19, salat Ied berjamaah di Papua ditiadakan 1 i Papua
Suasana rapat Pemerintah Provinsi Papua dengan tokoh agama di Jayapura. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua bersama Majelis Ulama Indonesia atau MUI Papua menyepakati untuk tidak menyelenggarakan salat Ied 1 Syawal 1441 H secara berjamaah di lapangan atau masjid. Kesepakatan itu diharapkan mengurangi risiko pandemi Covid-19 di Papua.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Papua, Klemen TInal di Jayapura, Selasa (19/5/2020). “Soal ini tadi kami sudah sepakati dalam rapat. Apalagi dalam rapat terbatas secara daring dengan jajaran pemerintah pusat kemarin juga disampaikan salat Ied ditiadakan,” kata Tinal.

Ia menjelaskan, kesepakatan untuk meniadakan salat Ied didasarkan protokol kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2020. Seluruh umat muslim diminta beribadah salat Ied di rumah masing-masing.

“Kami utamakan keselamatan masyarakat dari penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, salat ied di rumah saja,” ujar Tinal.

Tinal mengimbau para bupati/wali kota di Papua menyosialisasikan kesepakatan untuk tidak mengadakan salat Ied berjamaah di lapangan dan masjid. “Provinsi hari ini sudah lakukan pertemuan dengan tokoh agama, dari MUI sudah ada Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan kalfiat takbir dan salat Idul Fitri pada masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ia menyatakan akan menggelar rapat daring dengan bupati/wali kota se-Papua pada Rabu (20/5/2020). “Dalam pertemuan nanti, kami akan tegaskan kepada para kepala daerah, terkait keputusan pusat untuk tidak melakukan salat Ied,” katanya. (*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top