Karyawan FBI Didakwa Sebagai Agen Tiongkok

Ilustrasi FBI - tripwire.com
Ilustrasi FBI – tripwire.com

Jayapura, Jubi – Seorang karyawan teknisi elektronik di Biro Penyelidikan Federal (FBI) Amerika Serikat  mengaku bersalah telah menjadi agen Tiongkok dan membocorkan beberapa informasi peka kepada pejabat Tiongkok. Di pengadilan federal Manhattan, teknisi tersebut didakwa sebagai agen pemerintahan asing.

Teknisi bernama Kun Shan Chun atau yang juga dikenal sebagai Joey Chun itu bekerja di FBI sejak 1997. Ia ditangkap pada Maret lalu dan baru Senin 1 Agustus kemarin dakwaannya dibacakan di pengadilan. Chun mengakui telah menjadi agen Tiongkok sejak 2011 hingga 2016.

Menurut Asisten Jaksa AS, Emil Bove, informasi yang dibocorkan Chun tersebut meliputi identitas dan rencana perjalanan seorang agen FBI, struktur organisasi internal, foto-foto dokumen yang diambil di kawasan terlarang terkait teknologi pemantauan. “Saat itu, saya tahu itu salah, dan saya minta maaf atas tindakan tersebut,” kata Chun seperti dikutip dari Kantor Berita Antara pada Selasa, 1 Agustus 2016.

Pria kelahiran Tiongkok 46 tahun lalu itu dibebaskan dengan jaminan setelah sidang. Berdasar perjanjian dalam permohonan, ia melepaskan haknya untuk mengajukan banding atas vonis 27 bulan atau kurang. Ia dijadwalkan akan divonis pada 2 Desember. “Kenyataannya adalah bahwa tuan Chun mencintai Amerika Serikat dan tidak pernah berniat melukainya,” kata pengacaranya Jonathan Marvinny dalam sebuah pernyataan.

Chun awalnya didakwa pada Maret membuat pernyataan palsu untuk menyembunyikan hubungannya dengan beberapa warga negara Tiongkok dan perusahaan pembuat komputer dan mesin pencetak yang bermarkas di Tiongkok, Zhuhai Kolion Technology Company Ltd.

Berdasarkan atas tuntutan itu, Chun diminta orang berkaitan dengan perusahaan itu melakukan riset dan mengkonsultasikan beberapa pekerjaan, dengan imbalan diantaranya perjalanan ke luar negeri. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top