Kasus Covid-19 Guam dan PNG melambung, Samoa perpanjang periode karantina wajib

Bandara Faleolo di Samoa. - RNZI/ Autagavaia Tipi Autagavaia

Papua No.1 News Portal | Jubi

Hagåtña, Jubi – Ada 53 kasus positif Covid-19 baru yang dilaporkan di Guam.

Ini terjadi setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (Centre for Disease Control and Prevention/ CDC) mengeluarkan peringatan Level 4 untuk Guam, yang berarti ada tingkat Covid-19 yang sangat tinggi di pulau tersebut.

CDC memperingatkan orang-orang untuk tidak mengunjungi wilayah AS itu.

Ada total 6.602 kasus dengan 106 kematian yang dilaporkan hingga Selasa ini (24/11/2020) akibat pandemi Covid-19. Saat ini ada 1.605 orang yang sedang diisolasi.

Pemerintah di Guam telah berupaya keras untuk menurunkan skor risiko Covid Area Risk Score (Skor CAR), sebuah metode untuk mengukur kasus-kasus baru, keefektifan pengujian, dan laju penyebaran.

Untuk menghentikan penyebaran Covid-19, mereka berkata skor itu harus di bawah 2,5, sementara saat ini skor Guam adalah 9.0.

Loading...
;

Menjelang liburan Thanksgiving juga membawa kekhawatiran sendiri, dimana pemerintah mengatakan mereka hanya akan mencabut pembatasan jika Guam bisa mencapai skor CAR di bawah 5,0.

Kasus Covid-19 PNG juga melambung

Papua Nugini telah melaporkan 18 kasus baru Covid-19 yang sudah dikonfirmasikan. Semua kasus berada di Provinsi West New Britain, lebih spesifiknya, kasus baru ini dipastikan berasal dari Distrik Talasea. Konfirmasi ini menaikkan jumlah total kasus Covid-19 di provinsi regional kepulauan itu hingga saat ini menjadi 31.

Pasien termuda dari 18 kasus ini berusia 4 tahun, dan sementara yang tertua 70 tahun.

Lima kasus yang baru mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, sakit kepala, menggigil, dan sakit tenggorokan. Sepuluh orang dilaporkan memiliki kontak dengan sejumlah kasus positif yang diidentifikasi sebelumnya.

Data terbaru dari National Pandemic Response Controller, David Manning, menunjukkan jumlah total kasus virus Corona yang dikonfirmasi di seluruh PNG adalah 630.

Kantornya mengatakan tim tanggap kilat terus berupaya untuk melakukan pelacakan kontak.

Hingga Selasa ini, 16 dari 22 provinsi di PNG itu melaporkan konfirmasi kasus Covid-19.

Samoa perpanjang periode karantina

Orang-orang yang pulang ke Samoa menggunakan penerbangan repatriasi pertama negara itu dari Amerika Serikat harus menjalani karantina selama tiga minggu setelah mereka tiba.

Tiga ratus penumpang yang dijadwalkan akan kembali pada hari Jumat ini diwajibkan menghabiskan waktu 21 hari karantina, bukan 14 hari yang biasanya diwajibkan dalam situasi seperti itu.

Kementerian Kesehatan Samoa mengungkapkan perubahan memperpanjang periode karantina setelah beberapa pihak mendesak agar penerbangan repatriasi dari Los Angeles AS ditunda karena kasus Covid-19 di negara bagian California telah kembali melonjak.

Sementara negara itu masih menunggu hasil tes lebih lanjut untuk seorang pelaut yang dipulangkan dan ditemukan positif Covid-19 pekan lalu setelah menerima hasil negatif dua kali.

Sampel itu telah dikirim ke Selandia Baru untuk dikonfirmasikan statusnya dan hasilnya akan segera diumumkan. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top