Follow our news chanel

Kasus Covid-19 ketiga Kepulauan Solomon, risiko transmisi lokal rendah

Pesawat milik maskapai Solomon Airlines, Airbus A320 di Bandara Munda, Provinsi Barat, Kepulauan Solomon. - RNZI/ lasafotografix

Papua No.1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Lima kasus baru Covid-19 yang melibatkan pelajar asal Kepulauan Solomon yang sedang studi di Filipina telah dilaporkan minggu lalu. Lima kasus terbaru ini termasuk satu siswa yang saat ini sedang dikarantina di Honiara dan empat siswa yang masih tertahan di Manila akibat pembatalan pesawat repatriasi.

Perdana Menteri Manasseh Sogavare dalam pidato nasionalnya Jumat kemarin (16/10/2020) mengumumkan hal ini. Dia mengatakan kasus terbaru di Honiara ini merupakan seorang siswa yang dipulangkan dari Manila dan hingga saat ini masih diisolasi. Ini berarti jumlah kasus yang telah tercatat di negara tersebut adalah tiga orang, sementara 22 kasus lainnya dilaporkan di Filipina, pelajar-pelajar yang belum pulang.

PM Sogavare mengatakan kasus positif baru ini tidak mengherankan karena semua pelajar di fasilitas karantina umumnya bergaul dan berkumpul-kumpul. Namun, Sogavare juga menekankan satu kasus tambahan yang dilaporkan di Honiara ini melegakan, karena selalu ada kemungkinan lebih banyak pelajar akan ditemukan positif.

“Karena itu kami lega bahwa kami hanya menemukan satu kasus positif tambahan.”

“Kami berterima kasih kepada Tuhan kami yang masih menjaga bangsa kami dan pelajar-pelajar kami,” katanya.

Dia selanjutnya mengumumkan bahwa pengujian Covid-19 putaran keempat untuk semua pelajar yang telah dipulangkan sejauh ini akan dilakukan awal minggu depan.

Loading...
;

“Tes putaran keempat akan diadakan antara hari ke-19 dan 21 setelah mereka sampai di sini, yang jatuh pada antara hari Minggu 18 hingga Selasa 27 Oktober. Hasilnya ini akan memberikan kami indikasi yang lebih baik tentang statusnya dan kelanjutan penanganan Covid-19 di negara ini,” katanya.

Sogavare menegaskan bahwa, meski ada pengumuman kasus positif ketiga Covid-19, ini tidak mengubah penilaian mereka bahwa risiko transmisi lokal di komunitas masih rendah.

Sementara itu, Sogavare juga mengatakan dari empat siswa yang dinyatakan positif Covid-19 di Manila, salah satunya adalah pelajar perempuan yang baru melahirkan.

Pemerintah Kepulauan Solomon telah menangguhkan semua penerbangan repatriasi dari Manila karena naiknya jumlah kasus positif yang baru. (Solomon Star News)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top