Follow our news chanel

Kasus dugaan pemalsuan dokumen kayu masuk tahap penyidikan

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Kehutanan Papua menyatakan, kasus dugaan pemalsuan dokumen 81 kontainer berisi kayu olahan yang ditangani Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), kini sudah masuk dalam tahap penyidikan mendalam.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Yan Richard Pugu mengatakan dokumen penyidikan sudah diserahkan ke pihak Kejaksaan, menunggu tanggapan dari aparat penegak hukum.

"81 kontainer ini terbagi di dua tempat, di Jayapura ada 50 kontainer dan 31 kontainer ada di Kabupaten Jayapura, dengan total 1400 kubik," kata Pugu kepada wartawan, di Jayapura kemarin.

Namun terkait proses pelelangan, menurutnya harus menunggu kepastian dari pihak Kejaksaan dan izin dari Pengadilan. Sebab proses hukumnya berkaitan erat dengan tindaklanjut barang bukti yang kemudian akan dilelang.

"Mengenai berapa banyak yang akan dilelang belum bisa dipastikan, karena kayu sitaan yang ada di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan (Rupbasan) proses lelangnya belum dilakukan," ujarnya.

Saat ditanya soal kekuatiran kerusakan kayu karena tersimpan lama, katanya hal itu pasti ada. Hanya saja pihaknya tetap harus berproses secara bertahap sesuai aturan hukum dan amanat undang-undang.

Loading...
;

"Jadi tetap kami lakukan tahap demi tahap sesuai dengan aturan yang ada kita akan langsung proses, memang tahapan yang berjalan sudah sesuai tahapan yang ada," kata Pugu.

Kepala Bidang Pembinaan Usaha Kehutanan Papua, Ade Ridwan mengatakan aturan soal kehutanan sudah sangat jelas dan ada, tinggal penegakan hukum saja yang harus lebih di tingkatkan untuk menegakan aturan yang sudah ada.

"Aturan sudah jelas, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, tinggal dalam implementasinya bagaimana. Apalagi dalam penegakan hukum kami ada keterbatasan termasuk jumlah sumber daya manusia," kata Ridwan.

Untuk itu, ujar ia, Dinas Kehutanan berencana akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kinerja penegakan hukum. (*)

 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top