HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kasus perdana di Kepulauan Yapen, total positif korona 734 di Papua

Infografis Satgas Covid-19 Papua, Update 29 Mei 2020 - Jubi/ Satgas Covid-19
infografis Satgas Covid- 9 Papua
Infografis Update 29 Mei 2020 – Jubi/ Satgas Covid-19 Papua.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Satuan Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid-19 Provinsi Papua merilis 61 kasus baru positif virus korona di provinsi Papua, dan bertambah satu lagi kabupaten yang terdampak, yaitu Kepulauan Yapen pada Jumat (29/5/2020) malam.

Penambahan terbanyak hari ini berasal dari Kota Jayapura sebanyak 56 kasus, Kabupaten Mimika empat kasus dan Kabupaten Kepulauan Yapen yang hari ini mengkonfirmasi satu kasus pertamanya.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele, SpOG (K) melalui video conference (zoom) menjelaskan, tambahan satu kabupaten terdampak memberikan peringatan kepada seluruh masyarakat Papua bahwa persoalan Covid-19 di Provinsi Papua belum selesai.

Kasus perdana di Kepulauan Yapen, total positif korona 734 di Papua 1 i Papua

“Angka masih naik, dan penyebarannya juga meluas. Kami tetap berharap perhatian dari seluruh masyarakat di Provinsi Papua, khususnya pemerintah kota Jayapura dan kabupaten kepulauan Yapen,” katanya.

Ia menjelaskan tambahan 56 kasus di Kota Jayapura, menunjukkan bahwa masih perlu kerja keras semua pihak, Dinkes Kota, tim Dinkes Papua, tim kesehatan TNI/Polri.

“Dari tambahan 56 kasus di kota, 45 kasus berada pada satu kelurahan, kelurahan Hamadi. Kita harus upayakan isolasi,” katanya.

Transmisi lokal yang terjadi di kelurahan Hamadi, kata Soemoele harus segera dicari solusinya,dan masyarakat harus mematuhi semua protokol pemerintah.

“Jangan cakadidi ( tak mau diam) jalan-jalan keluar-keluar rumah,” tegasnya.

Sedangkan untuk Kabupaten Yapen kata Jubir, penyebaran terjadi karena jalur transportasi laut tradisional masih terjadi.

“Pergerakan penduduk yang menggunakan jalur laut tradisional perlu diawasi ketat. Sehingga penyebaran dapat ditekan dan bisa menurun prevalensinya,” katanya.

Baca juga: Kasus perdana di Waropen, total 637 kasus korona di Papua

Kasus perdana korona di Wondama dari klaster Gowa

Lewat Wondama, warga Nabire dibantu makanan siap saji

Ia meminta kepada Dinkes dan tim gugus tugas Kabupaten Kepulauan Yapen untuk melaksanakan surveilans dengan ketat, mencari, menemukan, mengetes (rapid tes dan swab) dan kemudian memberikan pengobatan kepada mereka dengan kepada mereka baik ODP maupun PDP.

“Dengan demikian tidak ada lagi tambahan kasus,” katanya.

Hari ini juga terdapat tambahan pasien sembuh sebanyak 12 orang yang berasal dari Kabupaten Mimika 10 orang, Keerom dan Kabupaten Jayapura masing-masing satu orang.

Terdapat pula penambahan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 10 orang, dari Kabupaten Biak Numfor sebanyak tiga orang dan Kota Jayapura tujuh orang.

Sedangkan untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 124 orang, yang berasal dari Kabupaten Jayawijaya sebanyak tujuh orang, Kepulauan Yapen 11 orang, Mimika 83 orang, Boven Digoel tiga orang, Yahukimo tiga orang, dan Kota Jayapura sebanyak 18 orang.(*)

Editor: Edho Sinaga

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.