HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kasus perdana di Waropen, total 637 kasus korona di Papua

Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 25 Mei 2020. – Satgas Covid-19 Papua
Kasus perdana di Waropen, total 637 kasus korona di Papua 1 i Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 25 Mei 2020. – Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kasus positif virus korona di Provinsi Papua kembali mengalami penambahan delapan kasus, Senin (25/5/2020). Penambahan delapan kasus berasal dari Kabupaten Mimika enam kasus, Kota Jayapura satu kasus orang dan Kabupaten Waropen satu kasus. Total kumulatif kasus korona di provinsi itu menjadi 637 kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele, SpOG (K) mengatakan ada tambahan satu kabupaten baru yang terdampak Covid-19, yaitu Kabupaten Waropen.

Kasus perdana di Waropen, total 637 kasus korona di Papua 2 i Papua

Kabupaten Kepulauan Yapen menjadi satu-satunya kabupaten yang belum ada kasus korona di wilayah adat saireri.

“Kami meminta perhatian khusus kepada pimpinan-pimpinan daerah, teristimewa yang berada di wilayah adat Saireri, agar betul-betul memperhatikan pergerakan-pergerakan orang melalui jalur jalur laut,” katanya di Jayapura Senin (25/5/2020).

Penemuan kasus baru di kabupaten Waropen, adalah hasil kerja tim laboratorium di Kabupaten Kepulauan Yapen yang mulai hari ini secara resmi dapat melakukan pemeriksaan virus korona dengan metode tes cepat molekular (TCM) secara mandiri.

“Jika menemukan kasus, jika itu ODP maupun PDP, untuk segera melakukan rapid test. Dan jika reaktif untuk dapat melakukan pengambilan sampel swab dan selanjutnya menyampaikan sampel tersebut ke kabupaten [Kepulauan] Yapen, agar dengan cepat dilakukan pemeriksaan untuk diketahui statusnya Apakah positif Covid atau negatif, Untuk mencegah perluasan dari penyakit ini di wilayah saireri,” kata Soemoele.

Loading...
;

Selain itu, terdapat tambahan 21 pasien yang dinyatakan sembuh pada hari ini, sehingga total pasien sembuh di seluruh provinsi Papua sebanyak 178 pasien atau 28 persen dari seluruh total kasus virus korona di Papua. Pasien tersebut berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 13 pasien, Kabupaten Jayapura sebanyak tujuh pasien, dan Kabupaten Supiori sebanyak satu pasien

Soemoele menyampaikan rasa gembira tim satgas Covid-19 atas penambahan kasus sembuh tersebut. Adapun lima kabupaten yang memiliki angka kesembuhan terbesar adalah Kabupaten Mimika sebanyak 79 pasien, Kota Jayapura sebanyak 34 pasien, Kabupaten Jayapura sebanyak 30 pasien, Kabupaten Merauke sebanyak 11 dan Kabupaten Biak Numfor sebanyak tujuh pasien.

Namun kabupaten dengan persentase kesembuhan terbesar adalah Kabupaten Merauke dengan persentase kesembuhan 78 persen dari total kasus di kabupaten tersebut.

“Kami satgas Covid-19 Provinsi Papua menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh kerja dari tim medis di kabupaten Mimika, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Biak Numfor, termasuk di Jayawijayayang telah bekerja luar biasa, sehingga hari ini tercatat 178 orang telah dinyatakan sembuh,” katanya.

Selanjutnya terdapat tambahan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak empat orang yang berasal dari Kota Jayapura, dan tambahan 23 orang dalam pemantauan (ODP) yang berasal dari Kabupaten Jayapura sebanyak enam orang, Boven Digoel satu orang, Jayawijaya tiga orang, dan Kota Jayapura sebanyak 13 orang.

“Kami  memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pimpinan di kota Jayapura yang secara terus-menerus, secara masif melakukan pemeriksaan rapid test bersama-sama tim TNI/Polri dan Dinas Kesehatan Provinsi untuk menemukan kasus sedini mungkin, dan selanjutnya hasil dari pemeriksaan reaktif akan segera ditindak lanjuti dengan pemeriksaan PCR,” katanya.

Ia menegaskann sejak Sabtu lalu, Pemprov Papua telah mempersiapkan Diklat BPSDM di Kotaraja Dalam sebagai tempat penampungan warga yang hasil rapid test reaktif.

“Sambil menunggu hasil PCR-nya, maka pasien  orang yang dinyatakan reaktif hasi rapid test, dapat ditangani, dirawat, dapat diisolasi di diklat BPSDM Kotaraja,” katanya.(*)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa