Follow our news chanel

Previous
Next

Kasus positif Covid-19 pertama dilaporkan di Kepulauan Solomon

Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare minta rakyat bersatu. - RNZI/ Pemerintah Kepulauan Solomon

Papua No.1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Kepulauan Solomon telah mengumumkan kasus positif Covid-19 pertama dinegara itu. Hal ini dibenarkan oleh Perdana Menteri Manasseh Sogavare dalam pidato nasional Sabtu siang ini (3/10/2020).

Kasus positif Covid-19 pertama ini adalah seorang pelajar yang baru saja pulang menggunakan penerbangan repatriasi dari Filipina.

Menurut PM Sogavare pelajar tersebut ditemukan positif saat ia mengikuti pemeriksaan rutin sesampainya ia di Honiara. Sang pelajar asimtomatik yang artinya dia tidak menunjukkan atau mengalami gejala Covid-19 apapun.

PM Sogavare membenarkan sebelum keberangkatannya, pelajar tersebut sudah mengikuti pemeriksaan dan dinyatakan negatif di Filipina.

Sogavare menegaskan kalau semua perencanaan dan persiapan yang telah disusun pemerintah itu tidak sia-sia dan dia yakin kasus ini akan dapat ditangani dan dibatasi agar tidak menyebar.

Kementerian Kesehatan negara itu telah mulai melakukan penelusuran kontak dan sekelompok orang sedang diperiksa. Hasil pemeriksaan itu akan segera diberikan ke otoritas terkait. Penularan kontak untuk Covid-19 yang dilakukan kemenkes mewajibkan proses identifikasi orang-orang yang mungkin telah terpapar Covid-19 dan menindaklanjutinya setiap hari selama 14 hari sejak waktu paparan terakhir.

Loading...
;

PM Sogavare mengimbau masyarakat Kepulauan Solomon untuk tetap tenang dan tidak panik. Ia mengungkapkan semua protokol dan prosedur operasi telah diberlakukan. Proses investigasi juga telah dimulai, termasuk pemeriksaan dan penilaian tenaga kerja di garis depan.

“Pemerintah sangat paham akan risikonya.”

“Tidak akan ada karantina wilayah apa-apa karena saya percaya akan sistem kita, jika karantina wilayah diperlukan maka masyarakat akan segera diberi tahu. Untuk saat ini semua fasilitas karantina ditetapkan sebagai zona terlarang.

“Mari kita tetap bersatu,” tambah Perdana Menteri. (Solomon Times)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top