Follow our news chanel

Kawal pembangunan, solidaritas anak Yalimo resmi dideklarasikan

Pengurus Solidaritas Anak Yalimo didampingi anggota dan senior saat mendeklarasikan wadahnya dan memberikan keterangan pers - Jubi/Agus Pabika.
Kawal pembangunan, solidaritas anak Yalimo resmi dideklarasikan 1 i Papua
Pengurus Solidaritas Anak Yalimo didampingi anggota dan senior saat mendeklarasikan wadahnya dan memberikan keterangan pers – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Minimnya perhatian pemerintah daerah serta pasifnya berbagai program mendorong sekelompok pemuda mendeklarasikan sebuah wadah sebagai bentuk solidaritas anak Yalimo.

Ketua Solidaritas Anak Yalimo Samkor Helakombo mengatakan Solidaritas Anak Yalimo merupakan, gabungan anak Yalimo dari lima distrik yang pro aktif serta idealis. Mereka punya tugas memberikan ide gagasan serta menganalisis kesejahteraan dengan melihat perkembangan dan kemajuan daerah kabupaten Yalimo.

“Solidaritas membuka forum ini guna membuka forum diskusi dan menyuarakan aspirasi terhadap kinerja pemerintahan baik di sisi pembangunan, infrastruktur, pendidikan, ekonomi, sosial dan politik serta hak-hak masyarakat asli yang selama ini tidak berjalan maksimal,” katanya kepada Jubi. Sabtu, (30/11/2019).

Ia menambahkan solidaritas anak Yalimo ini lahir dan berdiri secara independen. Mereka hadir untuk mengawal dan memberikan masukan kepada pemerintah Yalimo atas kinerja yang belum optimal di tengah masyarakat.

“Solidaritas anak Yalimo berdiri secara independen tanpa unsur politik  tapi fokus membahas dan berdiskusi terhadap kesejahteraan dan perkembangan kemajuan daerah kabupaten yalimo secara umum,” katanya.

Steven Logo, ketua dari distrik Abenaho menambahkan kehadiran wadah ini juga memproteksi hak-hak masyarakat yang tidak direalisasikan selama ini, terutama Perda yang mengikat hak-hak masyarakat asli yang dibuat oleh pemerintah agar memiliki legitimasi hukum.

Loading...
;

“Kami akan lakukan riset dan menganalisis pembangunan di Yalimo lalu mengadakan diskusi dan seminar dengan pemerintah kabupaten Yalimo agar apa yang kami temukan dapat kami diskusikan bersama dan memberikan masukan yang positif bagi kemajuan daerah kami ke depan,” katanya.

Ia berharap, masukan maupun kritikan bisa menjadi bahan evaluasi di tahun baru 2020 yang akan datang, agar visi misi dari Yalimo itu sendiri terpenuhi dan pembangunan juga bisa di rasakan oleh semua kalangan.

Sementara itu, Linder Haluk mewakili senior sekaligus tokoh pemuda Yalimo menambahkan solidaritas anak Yalimo lahir dari lima distrik diantaranya distrik Abenaho, Elelim, Apalapsili, Walarek dan distrik Benawa.

“Kami menyambut baik kehadiran Solidaritas Anak Yalimo, karena mereka ini merangkul semua komponen masyarakat yang ada dari yang muda hingga tua untuk sama-sama melihat dan berdiskusi terkait perkembangan daerah dan memberikan kontribusi positif terhadap pemerintah dalam hal demi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia juga berharap kehadiran Solidaritas ini dapat diterima baik oleh pemerintah, dan masyarakat karena memiliki peran penting mengontrol pembangunan di kabupaten Yalimo ke depan. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top