KBRI Oslo kecam pembakaran Alquran di Norwegia

Ketua Gerakan Stop Islamisasi Norwegia Lars Thorsen, membakar Al Quran ketika berdemonstrasi - Tempo/RT.com/Twitter.
KBRI Oslo kecam pembakaran Alquran di Norwegia 1 i Papua
Ketua Gerakan Stop Islamisasi Norwegia Lars Thorsen membakar Alquran ketika berdemonstrasi – Tempo/RT.com/Twitter.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi –  Kedutaan Besar Indonesia di Oslo menyampaikan keprihatianan atas kejadian pembakaran Alquran di Kristiansand, Norwegia. Aksi tersebut dilakukan kelompok Stopp Islamiseringen Av Norge (Setop Islamisasi di Norwegia/SIAN), Senin (25/11/2019).

“Kami sangat prihatin atas insiden tersebut. Pembakaran Alquran sangat melukai perasaan masyarakat Muslim. Tidak hanya di Norwegia, tetapi juga di seluruh dunia. Hal tersebut juga berpotensi menimbulkan konflik dan mencederai nilai-nilai perdamaian yang berdasarkan toleransi dan kebebasan beragama,” kata Duta Besar Todung Mulya Lubis dalam keterangan tertulis yang dikirim ke Tempo, Selasa.

Todung mengatakan KBRI meminta Pemerintah Norwegia mengusut kejadian tersebut, dan memberikan keadilan untuk semua pihak. “Kami juga berharap merebaknya Islamophobia bisa dihilangkan karena kebebasan beragama adalah hak asasi semua warga.”

Menurut laporan RT, demonstrasi SIAN pada Senin berujung ricuh. Itu terjadi setelah pemimpin kelompok tersebut, Lars Thorsen menentang perintah polisi yang melarang pembakaran Alquran.

Demonstrasi memang disetujui otoritas lokal, tetapi polisi telah memperingatkan SIAN membatalkan niat mereka membakar Alquran. Namun, dua kitab Alquran dilemparkan ke tempat sampah saat demonstrasi, dan Thorsen membakar Alquran lain. Tindakan tanpa persetujuan massa tersebut membuat geram demonstran lain. Mereka melompati pagar dan menyerang pemimpin SIAN. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top