Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kebakaran gunung di Aceh hanguskan empat hektare lahan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

anda Aceh,Jubi  – Sekitar empat hektare hutan dan lahan di kawasan lereng pegunungan hangus terbakar di daerah dataran tinggi, Gampong Gunung Gajah, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh terbakar. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Bebesae itu mengancam kerugian karena sebagai daerah penghasil kopi berkualitas ekspor.

“Kebakaran  baru diketahui warga setempat pada Kamis, (30/8/2018) sekitar pukul 17.30 WIB,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek, Jumat, (31/8/2018).

Kebakaran gunung di Aceh hanguskan empat hektare lahan 1 i Papua

Menurut Ahmad Dadek, titik api terlihat telah menghanguskan berbagai tanaman, terutama rumput ilalang yang tumbuh secara liar di lereng pegunungan. Kondisi lahan yang kering karena musim kemarau, telah mengakibatkan api cepat merambat ke bagian lain.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Telah mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian, dan dibantu unsur terkait termasuk TNI dan Polri dalam upaya penanganan.

"Tim pemadam, mengalami sedikit kesulitan menuju ke titik api. Akibatnya, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 20.15 WIB," kata Dadek menjelaskan.

Meski  tak ada korban jiwa dan terdampak, namun ia menjelaskan penyebab kebakaran itu masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat.

Loading...
;

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat menyebut, 57 titik panas terdeteksi oleh satelit yang bertahan dalam dua hari terakhir di wilayah Aceh. Dari jumlah total titik panas itu 46 titik di antaranya di daerah dataran tinggi meliputi empat kabupaten di Aceh.

"Dari jumlah ini, tujuh titik dinyatakan sebagai titik api, dan dua titik diduga sebagai titik api," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Zakaria Ahmad. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top