HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kebakaran hutan gunung Rinjani meluas

Ilustrasi, asap kebakaran hutan, pixabay.com
Kebakaran hutan gunung Rinjani meluas 1 i Papua
Ilustrasi, asap kebakaran hutan, pixabay.com

api juga menjalar ke arah kawasan hutan di Santong Kabupaten Lombok Utara yang masuk dalam Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Barat, dan KPH Rinjani Timur

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Mataram, Jubi – Kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang terbakar sejak Sabtu (19/10/2019), semakin melua. Api belum berhasil dipadamkan hingga Minggu petang.

Kebakaran hutan gunung Rinjani meluas 2 i Papua

“Awalnya hanya di jalur pendakian Senaru Kabupaten Lombok Utara, namun kemudian api menjalar ke arah jalur pendakian Sembalun, Kabupaten Lombok Timur,” kata Pelaksana Harian Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Dwi Pangestu, Minggu, (20/10/2019).

Baca juga : Kebakaran salah satu lereng gunung di Jawa ini dipicu ulah manusia

Empat Daerah Diminta Rekomendasikan Siaga Darurat Kebakaran Hutan

Kebakaran gunung di Aceh hanguskan empat hektare lahan

Loading...
;

Dwi menyebut api juga menjalar ke arah kawasan hutan di Santong Kabupaten Lombok Utara yang masuk dalam Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Barat, dan KPH Rinjani Timur. “Tepatnya di Kecamatan Suela, yang berada di bawah kewenangan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB,” kata Dwi menambahkan.

Belum diketahui pasti luas kawasan hutan di kawasan TNGR dan KPH Rinjani Barat, serta KPH Rinjani Timur yang terbakar, karena api masih terus membakar rerumputan kering dan pepohonan dan semakin meluas akibat angin kencang di atas pegunungan.

“Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun dugaan sementara karena faktor cuaca panas,” kata Dwi menjelaskan.

Berdasarkan pantauan terdapat 36 titik panas di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan arah sebaran kebakaran menuju barat selatan Gunung Rinjani. BTNGR bersama dengan pihak terkait juga sudah mempersiapkan Tim Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) untuk penanganan kebakaran hutan di wilayah kerja Resort Sembalun.

Di wilayah Kabupaten Lombok Utara, berkoordinasi dengan Polres Lombok Utara, dan Koramil Bayan serta forum dan Asosiasi Trekking Organizer (TO) Senaru.

“Kami juga akan membentuk tim bantuan untuk pemadaman langsung dan pembuatan sekat bakar pada lokasi kebakaran dengan utusan pemandu wisata gunung,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa