Follow our news chanel

Kebijakan bebas uang sekolah di Vanuatu ditambah hingga kelas 13 dan 14

Kebijakan sekolah gratis Pemerintah Vanuatu akan diperluas sampai kelas 13 dan 14. - DVU/ Anita Roberts
Kebijakan bebas uang sekolah di Vanuatu ditambah hingga kelas 13 dan 14 1 i Papua
Kebijakan sekolah gratis Pemerintah Vanuatu akan diperluas sampai kelas 13 dan 14. – DVU/ Anita Roberts

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Pemerintah Vanuatu akan memperluas kebijakan sekolah gratisnya sampai kelas-kelas tingkat menengah atas – kelas 13 untuk pelajar sekolah berbahasa Inggris (Anglophone) dan kelas 14 untuk sekolah berbahasa Prancis (Francophone) – tahun ini.

Kebijakan ini ditegaskan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (MoET), Bergmans Iati.

Dirjen Iati menerangkan bahwa Pemerintah Vanuatu telah mengambil keputusan untuk menggunakan sebagian dana beasiswa untuk membiayai program dukungan biaya sekolah.

“Dengan jumlah populasi yang terus bertumbuh, beasiswa lebih banyak dibutuhkan, anggaran beasiswa saat ini tidak dapat dinaikkan lagi. Skema Members Education Support VNPF adalah sumber pendanaan alternatif untuk menyokong pembiayaan sekolah kejuruan dan perguruan tinggi,” katanya.

Terakhir kali kebijakan sekolah gratis pemerintah Vanuatu dikembangkan dari tingkat dasar hingga kelas 9 dan 10, termasuk untuk Pendidikan Anak Usia Dini adalah pada t2018.

Keputusan untuk meneruskan kebijakan ini hingga kelas 13 dan 14 diumumkan oleh Perdana Menteri (PM) Vanuatu saat itu, Charlot Salwai, tidak lama sebelum Hari Anak-anak tahun lalu.

Loading...
;

Perdana Menteri (PM) Charlot Salwai mengumumkan hal ini di hadapan Menteri Pendidikan saat itu, Jean Pierre Nirua, beberapa menteri lain, dan pejabat senior pemerintahan, termasuk Wali Kota Port Vila dan Presiden Dewan Kepala-kepala Suku Malvatumauri pada Juli 2019.

Salwai berkata, saat itu, bahwa meluaskan kebijakan bebas uang sekolah hingga kelas 13 akan memberikan kesempatan bagi semua anak, termasuk mereka yang disabilitas, untuk menerima pendidikan.

Kebijakan sekolah gratis pemerintah diperpanjang dari tingkat dasar hingga kelas 9 dan 10, termasuk Pendidikan Anak Usia Dini, untuk pertama kalinya pada 2018. Dalam perayaan hari kemerdekaan Vanuatu tahun 2017, Salwai mengumumkan pengembangan kebijakan ini dari tingkat dasar hingga sekolah tingkat menengah atas. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top