HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kebijakan pembatasan aktivitas warga harus jamin ketersediaan pangan

Aktivitas perdagangan di Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani , Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura harus membuat kebijakan anggaran khusus untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah. Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Jayapura Patrix Lerry Suebu menyarankan hal tersebut sehubungan pemberlakuan 14 hari masa tanggap darurat covid-19 di Papua.

“Kebijakan tersebut berdampak terhadap (kehidupan sehari-hari) masyarakat. Pemerintah daerah dan DPRD harus duduk bersama dalam menetapkan kebijakan anggaran terkait (untuk menjamin) ketersediaan pangan di daerah,” kata Suebu kepada Jubi melalui telepon, Selasa (24/3/2020).

Pemerintah Kabupaten Jayapura sebelumnya juga telah memberlakukan aturan pembatasan masa beraktivitas bagi warga setempat. Aktivitas perdagangan hanya boleh dilakukan pada 06.00-12.00 Waktu Papua, dan aktivitas umum lain pada pukul 08.00 – 12.00 Waktu Papua setiap hari.

“Pemerintah harus menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi kondisi terburuk. Masyarakat diminta untuk karantina mandiri, tetapi kebutuhan pangan mereka juga perlu diperhatikan. Jika perlu, pemerintah membagikan bahan pokok (secara gratis),” jelas Suebu.

Suebu mengatakan pemerintah setempat juga harus memerhatikan serius kondisi 130 warga mereka yang berstatus sebagai orang dalam pengawasan (ODP) karena pandemi covid-19. Dia khawatir tidak semua ODP mampu mengisolasi diri di rumah karena tuntutan ekonomi.

“Penanggulangan (dampak pandemi covid-19) membutuhkan anggaran besar. Namun, itu tetap dibutuhkan demi (pertimbangan) kemanusiaan, dan ketersediaan pangan harus diprioritaskan (pemerintah),” kata Suebu.

Loading...
;

Menanggapi hal tersebut, Bupati Mathius Awoitauw memastikan pasokan dan ketersediaan bahan pangan saat ini masih aman. Distribusi lancar, dan kebutuhannya juga tetap tersedia di pasaran.   

“Semua pelaku usaha tetap berjalan (beroperasi) seperti biasa, hanya waktu beraktivitas mereka dibatasi. Itu untuk meminimalkan penyebaran virus corona,” kata Awoitauw, mengonfirmasi kepada Jubi melalui pesan instan seluler. (*)

Baca juga  "Kapal Putih" tak lagi sandar di Papua, harga telur ayam melompat

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa