Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kebijakan Pemprov Papua jadi model nasional

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan Provinsi Papua mengklaim kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua saat ini menjadi model nasional dalam pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Protasius Lobya mengatakan di era kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal, perkembangan lembaga PAUD di Papua mengalami peningkatan yang cukup pesat. 
"Diperkirakan saat ini mencapai sekitar 1000 lebih lembaga PAUD. Hal ini tidak lepas dari kebijakan gubernur untuk mencetak generasi emas Papua dan memberantas tingginya buta aksara, serta meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," ucapnya.
Agar terus mengalami kemajuan, saat ini pihaknya sementara menggalakkan Bunda PAUD mengajar. Artinya isteri Gubernur, Bupati serta Wali kota dalam setiap kunjungan ke suatu daerah dapat mengunjungi sekolah PAUD untuk bermain atau mengajar anak-anak usia dini.
"Setiap kunjungan gubernur atau bupati ibu gubernur dan ibu bupati ikut, gubernur dan bupati dengan acara dinasnya, isteri gubernur dan bupati berada di ruangan kelas PAUD bermain sama-sama anak-anak. Ini yang sedang kami galakkan," kata Protasius.
Menurutnya, kebijakan ini sementara dikembangkan menjadi model PAUD di Papua, dengan keterlibatan isteri gubernur dan isteri bupati dalam dunia PAUD diharapkan dapat memberi motivasi semua orang.
Untuk mendukung program tersebut, kata Protasius, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pelatihan dengan melibatkan isteri bupati dan isteri walikota, agar mempunyai status sebagai tutor.
Hal yang sama disampaikan Bunda PAUD Papua Yulce Enembe. Dirinya mengaku, peningkatan PAUD di Papua sangat luar biasa.
"Kita berharap dengan dimulainya pendidikan sejak usia dini dapat memberantas buta aksara dan meningkatkan IPM Papua kedepan," kata Yulce.
Namun menurutnya, dalam meningkatan generasi emas Papua dibutuhkan segala macam cara seperti PAUD terintegrasi dengan sekolah minggu. "Sebab ini merupakan dasar untuk pendidikan anak usia dini,” tambahnya. (*)

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top