Kebutuhan dan fasilitas sekolah tanggung jawab pemerintah

Kebutuhan dan fasilitas sekolah tanggung jawab pemerintah 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat berkunjung ke sekolah satu atap Kanda – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan kebutuhan dan fasilitas setiap sekolah di daerahnya menjadi tanggup jawab dan perhatian pemerintah daerah. Hal ini berkaitan dengan beberapa sekolah yang dinilai minim dalam fasilitas pendukung seperti ruang kelas untuk belajar dan tenaga guru yang nantinya ditempatkan di setiap sekolah.

“Kebutuhan sekolah, harus ada intervensi pemerintah daerah, baik negeri maupun swasta,” ujar Bupati Awoitauw, di Sentani, Senin (2/3/2020).

Dikatakan, untuk kebutuhan guru di setiap sekolah, Pemkab Jayapura sudah mengontrak guru dalam beberapa tahun terakhir ini, walaupun masih kurang tetapi jumlah tersebut dapat dimaksimalkan untuk keentingan pendidikan di daerah.

Menurutnya, dinas terkait, pemerintah distrik, serta pemerintah kampung harus banyak membuat kolaborasi mengenai sistem pendidikan di masing-masing kampung dengan melibatkan masyarakat, dalam hal ini orangtua wali murid yang tergabung dalam komite sekolah.

“Sudah ada bukti, sekolah di pinggiran seperti Distrik Yapsi, sisiwanya bisa meraih juara Olimpiade Matematika tingkat provinsi. Apalagi yang di kota, sudah banyak peningkatan,” katanya.

Bupati berharap dunia pendidikan di daerah yang dipimpinya ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berjati diri.

Loading...
;

“Tidak harus tinggal dalam masalah kekurangan guru, fasilitas pendukung dan lain sebagainya, upaya dan usaha adalah bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Mokai, mengatakan ada beberapa pengusulan program dan tambahan anggaran yang sudah diusulkan dan disepakati oleh pemerintah daerah untuk peningkatan pendidikan di daerah ini.

“Beberapa waktu lalu, ada beberapa sekolah yang telah meresmikan penambahan ruang belajar, tetapi untuk fasilitas pendukung lainnya seperti bus sekolah dan dan tenaga guru tetap menjadi prioritas kami untuk diperhatikan,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top