TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Kecelakaan helikopter Blackhawk di Kolombia hilangkan 11 tentara

Jubi Papua
Ilustrasi kecelakaan helikopter – Jubi/Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi –  Helikopter jenis Blackhawk jatuh di bagian tenggara Kolombia pada Selasa (21/7/2020). Tercatat sebelas personel militer dinyatakan hilang dan enam lainnya mengalami cedera dalam insiden itu.

Helikopter itu mengangkut 17 personel yang beroperasi melawan gerilyawan. Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi ihwal penyebab helikopter tersebut jatuh karena kecelakaan atau ditembak. Helikopter yang jatuh itu ditemukan di Sungai Inirida, negara bagian Guaviare atau wilayah para pemberontak Revolutionary Armed Forces of Colombia (FARC) melakukan operasi militer.

Baca juga : Enam orang tewas dalam kecelakaan helikopter militer Meksiko

Tujuh orang tewas dalam kecelakaan helikopter militer Venezuela

Pejabat militer Taiwan hilang usai heli yang ditumpangi mendarat darurat

Pada 2016 lalu, sempat terjalin kesepakatan damai antara pemerintah dengan pemberontak. Kala itu, para pemberontak menjadi politisi dan memperjuangkan aspirasinya dengan legal. Namun, ada 2 ribu lebih yang tidak mau menghormati perjanjian tersebut. Padahal, 13 ribu lainnya mau berdamai dengan pemerintah.

Hasilnya konflik masih terjadi hingga kini. Mereka membiayai aktivitasnya melalui perdagangan obat-obatan terlarang dan penambangan ilegal. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us