HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Kegiatan rumah ibadah akan dibatasi di Jayawijaya

Kegiatan rumah ibadah akan dibatasi di Jayawijaya 1 i Papua
Ilustrasi ibadah salat Iduladha di Kabupaten Jayawijaya. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jayawijaya, H. Ahmad Sholehudin, menyampaikan bahwa surat edaran ke setiap pengurus masjid dan musala di Jayawijaya telah disebar, perihal pembatasan sementara kegiatan ibadah salat Jumat, mulai besok (27/3/20). Keputusan ini terkait wabah virus corona yang telah menjadi pandemi global.

Keputusan tersebut menurutnya sesuai Fatwa MUI Pusat dan Provinsi Papua. Selain itu, untuk sementara ibadah salat lima waktu berjemaah tidak boleh dilakukan di masjid maupun musala.

Kegiatan rumah ibadah akan dibatasi di Jayawijaya 2 i Papua

“Salat Jumat diganti Zuhur di rumah masing-masing,” katanya, di Wamena, Kamis (26/3/2020).

Ditambahkannya, hal itu juga sesuai instruksi Bupati Jayawijaya Nomor 009/1100/BUP Poin 6 tertanggal 26 Maret 2020, yang menyebut pelaksanaan ibadah bagi umat Kristen Protestan mengikuti ketetapan sinode pusat, provinsi dan klasis, sedangkan bagi umat Katolik mengikuti instruksi dari kardinal, keuskupan dan dekenat.

“Umat Hindu berpedoman pada instruksi Persatuan Hindu Dharma Indonesia Pusat dan Provinsi Papua. Kalau MUI Jayawijaya sifatnya merujuk pada keputusan MUI Pusat dan Provinsi Papua.”

Menurutnya edaran MUI Jayawijaya ini sifatnya situasional, bila virus corona sudah terkendali maka ibadah di setiap masjid akan dilaksanakan kembali.

Loading...
;

“Begitu juga kegiatan keagamaan lainnya seperti pengajian, sementara ini kita sikapi dengan meniadakannya,” katanya.

Sementara itu, pengurus Masjid Agung Baiturrahman Wamena, Fatah Yasin, mengaku pengurus hanya menyesuaikan atau mengikuti petunjuk pemerintah, dan berpedoman pada surat edaran MUI.

“Intinya kita mencoba mencegah maraknya penyebaran virus corona ini. Kita semua paham kondisi saat ini,” katanya.

Pengurus masjid juga menjaga kebersihan dengan rutin menyemprotkan disinfektan, baik di dalam masjid maupun di tempat wudu. (*)


Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa