Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Kehilangan pendapatan, Mama-mama Papua akan kembali berjualan

Para Mama-mama Papua penjual bahan pangan lokal di Jayapura. - Jubi/Hengky Yeimo
Kehilangan pendapatan, Mama-mama Papua akan kembali berjualan 1 i Papua
Para Mama-mama Papua penjual bahan pangan lokal di Jayapura. – Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pembatasan aktivitas telah membuat para Mama-mama Papua pedagang sayuran kehilangan pendapatan. Para Mama-mama Papua akan kembali berjualan pada Senin (4/5/2020), sampai ada kejelasan kebijakan soal bagaimana para Mama-mama mendapatkan penghasilan pengganti jika mereka berhenti berjualan.

Sekretaris Solidaritas Pedagang Asli Papua (Solpap), Natan Tebai mengatakan kebijakan pembatasan aktivitas belum memberikan solusi bagi para Mama-mama Papua yang kehilangan penghasilan karena tidak boleh berdagang. Ia menyatakan para Mama-mama Papua telah memutuskan untuk kembali berjualan, sambil menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah.

Kehilangan pendapatan, Mama-mama Papua akan kembali berjualan 2 i Papua

“Mama-mama akan kembali berjualan sebagaimana biasa. Sebab, [larangan berjualan itu] berdampak bagi pendapatan mama-mama,” kata Tebai kepada Jubi, Minggu (3/4/2020).

Tebai berharap Pemerintah Provinsi Papua maupun pemerintah kabupaten/kota dapat membeli semua sayuran dan pangan lokal jualan para Mama-mama Papua. “Kalau pemerintah belanja pangan lokal Mama-mama Papua, mereka tidak akan berjualan. Dengan begitu [kebijakan pembatasan aktivitas] akan [efektif] memutuskan mata rantai penularan virus korona,” katanya.

Tebai menyatakan pihaknya juga tidak ingin ada Mama-mama Papua penjual pangan lokal yang terinfeksi korona. Akan tetapi, harus ada solusi bagi para Mama-mama Papua yang kehilangan pendapatan itu. “Di rumah Mama-mama pasar mempunyai anak-anak.  Bahkan dalam satu rumah ada beberapa keluarga. Pemerintah harus jeli melihat hal itu,” katanya.

Tebai berharap Pemerintah Provinsi Papua melihat kerugian yang dialami para Mama-mama pedagang pasar di seluruh Papua, khususnya di Jayapura. “Mama mama pasar membutuhkan sekitar 400-an alat alat kerja, dan bibit tanaman sayur-sayuran, buah-buahan,” katanya.

Loading...
;

Penjual kopi papua dan noken yang juga Ketua Mama-Mama Pedagang Asli Papua, Yuliana Pigai mengatakan mengatakan para Mama-mama Papua akan berjualan kembali untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. “Kami ekonomi lemah, janda yang berjualan,” kata Pigai.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top