Kejari Manokwari tegaskan akan lanjutkan penyelesaian kasus di 2021

Papua
Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Damly Rowelcis. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)

Papua No.1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Kepala kejaksaan Negeri Manokwari, Damly Rowelcis, menyatakan sejumlah perkara pidana khusus maupun pidana umum di Kejari Manowari sejak tahun 2019 dan 2020, masih dalam proses [dilanjut] pada tahun 2021.

“Di Kejari Manokwari semua perkara [pidum dan pidsus] masih kami lanjutkan untuk dituntaskan dan mendapat kepastian hukum dalam tahun ini,”ujarnya kepada Jubi, Rabu (13/1/2021).

Dia juga menyatakan bahwa upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di wilayah kerja Kejari Manokwari yang meliputi empat kabupaten, yaitu Manokwari, Mansel, Pegaf dan Teluk Wondama terus ditingkatkan namun lebih pada upaya pencegahan dan penyelamatan keuangan Negara.

“Jadi kami lebih pada pencegahan dan penyelamatan keuangan Negara. Sehingga dugaan kasus yang melibatkan instansi Pemerintah, kami kembalikan ke petugas pemeriksan internal seperti APIP di Inspektorat dengan batas waktu yang ditentukan sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Komitmen Kejari Manokwari ini menindak lanjuti arahan Kepala kejaksaan tinggi (Kajati) Papua Barat, Dr.W. Lingitubun yang menegaskan, agar jajaran Kejaksaan Negeri di wilayah Papua Barat tidak lagi menunggak penanganan perkara dari tahun-tahun sebelumnya, namun seluruh perkara yang telah memenuhi syarat formil dan materil wajib mendapat kepastian hukum.

“Sesuai arahan Jaksa Agung ST.Burhanuddin, bahwa semua perkara di tingkat Kejati hingga jajaran kejaksaan negeri di kabupaten/kota harus mendapat kepastian hukum,” ujar Lingitubun melalui juru bicara Kejati Papua Barat, Billy Wuisan.

Dikatakan, bahwa setiap perkara yang tidak dapat dilanjut oleh jajaran Kejaksaan Negeri, harus melalui prosedur hukum yang berlaku dan atau melalui penerbitan Surat Pemberitahuan Penghentian Penyidikan (SP3).

Loading...
;

“Jika ada perkara yang tak lanjut, itupun harus dibeberkan latar belakangnya, hingga disahkan melalui penerbitan SP3, sehingga ada transparansi pelayanan hukum di mata publik,” tambahnya.(*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top