Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Kantor Kejati Papua Barat di Manokwari - Jubi/Hans A Kapisa.

Kejati nyatakan belum ada penyimpangan dana Covid-19 di Papua Barat

Papua No.1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Kejaksaan Tinggi Papua Barat mengingatkan jajaran pemerintah setempat berhati-hati dalam mengelola anggaran negara, termasuk dana desa dan dana otonomi khusus Papua. Peringatan serupa juga berlaku bagi pengelolaan anggaran penanggulangan pandemi Covid-19 beserta dampaknya.

“Setiap penyelewengan dalam pengelolaan dan pemanfaatan anggaran (penanggulangan pandemi) Covid-19 akan dihukum berat. KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) telah menindak Menteri Sosial dan bukan tidak mungkin kasus serupa terjadi di Papua Barat,” kata Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat Rudy Hartono, Senin (7/12/2020).

Kejati Papua Barat belum menemukan indikasi penyelewengan terhadap dana penanggulangan pandemi Covid-19. Namun, Rudy berharap warga mengadukan ke penegak hukum apabila mengetahui dugaan penyelewengan tersebut.

“Jika bantuan yang diterima mereka tidak sesuai dengan yang seharusnya, masyarakat biasa akan mengadu ke polisi, kejaksaan maupun KPK.  Pengaduan itu tentu akan  diautentifikasi Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Papua Barat. Jika memenuhi unsur (kerugian negara), segera ditindaklanjuti (pasti diusut),” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam APBD 2020 menganggarkan lebih dari Rp197 miliar untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Pengalokasiannya diutamakan kepada penanganan kesehatan, yakni sekitar Rp90 miliar, dan jaring pengaman sosial (JPS), sekitar Rp48,7 miliar. Kemudian, penanggulangan dampak ekonomi, tetapi tidak mencantumkan nominal anggarannya.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Papua Barat Derek Ampir mengklaim tidak ada penyelewengan dalam pengelolaan dan pemanfaatan anggaran penanggulangan pandemi. Walaupun belum ada laporan pertanggungjawaban dalam penggunaan dana, dia dengan yakin menyatakan semuanya berjalan sesuai aturan. Pernyataaan itu disampaikan Ampir melalui telepon, beberapa waktu lalu. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Scroll to Top