Follow our news chanel

Kekerasan anak dan perempuan di Pontianak mencapai 123 kasus

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Pontianak, Jubi  – Kekerasan terhadap anak dan perempuan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat mencapai 123 kasus. Kekerasan itu telah ditangani Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Pontianak, sejak Januari hingga akhir November 2018.

"Dari sebanyak 123 kasus tersebut, kasus kekerasan dalam rumah tangga yang paling dominan, yakni sebanyak 44 kasus, kemudian kasus pencabulan terhadap anak sebanyak 37 kasus," kata Kanit PPA Polresta Pontianak, Iptu Inayatun Nurhasanag, Kamis (6/12/2018).

Inayatun menyebutkan, selain kasus tersebut juga kasus kekerasan terhadap anak di bawah umur, trafficking attau perdagangan orang dan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Angka tersebut membuat lembaganya lebih mengedepankan tindakan pencegahan dalam meminimalisir kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Kami terus melakukan sosialisasi mulai dari tingkat sekolah-sekolah dalam meminimalisir perbuatan atau tindak pidana, baik anak sebagai pelaku, saksi ataupun korban dari kekerasan tersebut," kata Inayatun menambahkan.

Menurut dia, berbagai faktor yang bisa meemicu kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak hingga kasus KDRT, dan pencabulan biasanya dipicu kondisi ekonomi, lingkungan keluarga, dan salah memilih pergaulan, serta faktor kemajuan teknologi, seperti internet dan media sosial yang bisa berdampak positif dan negatif.

"Kemajuan teknologi yang banyak memuat video porno sehingga bisa mempengaruhi perilaku anak-anak sekarang kalau mereka tidak dibentengi dengan pondasi yang kuat baik dari agama maupun pendidikan," katanya.

Loading...
;

Ia mengimbau kepada orang tua agar selalu mengawasi pergaulan anak-anaknya sehingga tidak salah dalam memilih teman dalam bergaul, baik di luar lingkungan sekolah maupun ketika di lingkungan rumah. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top