Follow our news chanel

Previous
Next

Kekeringan ancam Sumba Barat gagal panen

Ilustrasi kekeringan, pixabay.com
Kekeringan ancam Sumba Barat gagal panen 1 i Papua
Ilustrasi kekeringan, pixabay.com

Mengingatkan seluruh camat dan kepala desa mendorong para petani menanam tanaman holtikultura menghadapi ancaman gagal panen.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Waikabubak, Jubi – Ribuan hektare lahan pertanian di daerah Sumba Barat, Provinsi Nua Tenggara Timur  terancam gagal panen akibat kekeringan sebagai dampak rendahnya curah hujan pada 2020. Pemerintah Kabupaten Sumba Barat telah mengantisipasi secara dini dengan mengingatkan seluruh camat dan kepala desa mendorong para petani menanam tanaman holtikultura menghadapi ancaman gagal panen.

“Curah hujan yang rendah dapat menyebabkan gagal tanam dan rawan pangan di Sumba Barat. Kondisi ini membuat para petani sangat menderita,” kata Bupati Sumba Barat, Agustinus Niga Dapawole, Minggu, (1/3/2020).

Baca juga : Banjir sebabkan daerah ini terancam gagal panen

Banjir sebabkan petani gagal panen dan rugi jutaan rupiah

Akibat banjir, petani di Kelurahan Waimhorock gagal panen

Loading...
;

Menurut Agustinus, para petani diminta lebih banyak menanam tanaman seperti jagung, kacang-kacangan dan umbi-umbian sehingga masih memiliki persediaan pangan apabila mengalami krisis pangan akibat curah hujan yang rendah.

“Apabila terjadi kekurangan pangan maka masih ada stok pangan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga,” kata  Agustinus menambahkan.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat memiliki stok cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 60 ton , sedangkan CBP pemerintah Provinsi NTT sebanyak 100 ton yang disiapkan dalam mengantisipasi rawan pangan.

Meski stok beras itu diakui tidak mencukupi jika kekeringan melanda Sumba Barat terus meluas. “Kami sudah meminta Pemerintah NTT untuk membantu apabila daerah ini mengalami kondisi rawan pangan yang sangat serius,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top