Follow our news chanel

Kekhawatiran meningkat atas bertambahnya populasi Asia

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Senator Samoa Amerika Faiivae luli Godinet mengatakan kurangnya pemahaman dapat membuat para penduduk membuat beberapa kesepakatan untuk mensponsori dan mendukung bisnis-bisnis Cina di wilayah itu.

Selama dengar pendapat dengan Jaksa Agung Talauega Eleasalo Ale, beberapa senator menunjukkan kekhawatiran mereka mengenai kemungkinan peningkatan populasi penduduk Cina serta kelompok etnik Asia lainnya di teritori itu.

Seorang senator memperkirakan 90% orang-orang Asia saat ini di wilayah itu menjalankan beberapa bisnis seperti restauran, toko-toko retail dan pertanian.

Senator Faiivae mengamati di banyak kasus, orang-orang Samoa menyapu lantai sementara orang-orang Asia member perintah.

Jaksa Agung Talauega setuju bahwa peningkatan populasi Cina perlu diperlambat dan menyalahkan kurangnya penegakan hukum imigrasi atas meningkat pesatnya populasi Asia.

Dia menunjukkan hukum saat ini membatasi hingga lima orang penduduk Cina dan kebangsaan lain, dengan pengecualian penduduk Samoa, diberikan izin untuk tinggal di wilayah itu setiap tahun.

Loading...
;

Manu’a faipule Vesi Talalelei Fautanu juga mempersoalkan hal yang sama selama dengar pendapat Jaksa Agung di parlemen.

Dia mengkhawatirkan masa depan populasi non-Samoa yang terus meningkat khususnya terkait terbatasnya jumlah lahan dan sumber daya lainnya.Isu selanjutnya yang menjadi perhatian adalah anak-anak dari para orang asing tersebut yang lair di Samoa Amerika yang sekarang memiliki hak untuk mensponsori orang-orang mereka sendiri.

Senator Tuaolo M Fruean mengatakan dirinya telah menyerahkan proposal hukum di tahun 2005 lalu yang menolak member kewarganegaraan kepada bayi yang lahir dari orang-orang tua yang bukan orang Samoa Amerika.

Tuaolo juga menekankan jika isu ini tidak segera dibicarakan maka di masa 10 hingga 15 tahun ke depan, Fono akan dijalankan oleh orang-orang CIna dengan nama seperti Woo dan Lim.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top