Follow our news chanel

Kelola sampah bernilai ekonomis, DLH Biak Numfor bentuk lima bank sampah

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Biak, Jubi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Biak Numfor membentuk lima bank sampah untuk membantu masyarakat dalam mengelola sampah bernilai ekonomis dan mendatangkan rupiah untuk keluarga.

“Satu dari lima bank sampah yang sudah beroperasi di Biak itu merupakan bank sampah induk di Darfuar Distrik Samofa,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor, Iwan Ismulyanto, Minggu (14/10/2018).

Empat lain bank sampah, lanjut Iwan Ismulyanto, terdapat di kampung Babrimbo, Sorido, Karyendi, serta satu bank sampah kertas plastik kelurahan Mandala," katanya.

"Dengan adanya buku tabungan bank sampah, kita konversikan hasil sampahnya dengan nilai ekonomi dan bisa ditukarkan untuk membeli berbagai kebutuhan keluarga," katanya.

Ia mengatakan peluncuran bank sampah ini mengacu pada Undang-Undang No 8 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah. Upaya ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat di lingkungan, menaikkan taraf ekonomi, serta mengurangi sampah Kota Biak.

"Motto kita sampah adalah emas. Dengan kehadiran bank sampah, kita harap masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungannya," ungkapnya.

Loading...
;

Iwan Ismulyanto, mengatakan selama ini kepedulian masyarakat masih kurang terhadap pengelolaan sampah sehingga terus diberikan melalui pembentukan bank sampah di wilayah distrik dan kampung yang berpenduduk padat.

Berdasarkan data setiap bulan bank sampah induk Biak mengirim 250 ton sampah untuk dijual ke pulau Jawa. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top