Follow our news chanel

Previous
Next

Kelompok pencinta alam ajak pelajar tanam sagu

Ketua Kelompok Petani Sagu Kampung Kehiran Satu, Distrik, Kabupaten Jayapura - Jubi/Yance Wenda.
Kelompok pencinta alam ajak pelajar tanam sagu 1 i Papua
Ketua Kelompok Petani Sagu Kampung Kehiran Satu Alberd Suebu menjelaskan bagian dan fungsi pohon sagu kepada para pelajar, Kamis (12/11/2019) – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Club Pencinta Alam (CPA) Hirosi menggelar penanaman massal sagu dengan melibatkan pelajar di Kabupaten Jayapura. Kegiatan yang berlangsung di Kampung Kehiran Satu, Distrik Sentani tersebut untuk mengampanyekan kembali sagu sebagai bahan pangan lokal, dan sekaligus memeringati Hari Pohon Sedunia.

“Sagu merupakan pohon sempurna. Dia bisa memenuhi (kebutuhan) sandang, pangan, dan papan,” kata Ketua CPA Hirosi Marcel Suebu, Kamis (21/10/2019).

CPA Hirosi melalui kegiatan tersebut ingin membumikan kembali keberadaaan dan manfaat sagu. Itu sebabnya mereka melibatkan pelajar dari berbagai jenjang pendidikan dalam gerakan penanaman sagu.Mereka juga ingin istilah sagu sebagai makanan tambahan diubah menjadi makanan utama di Papua.

“Kami juga akan membuat buku tentang sagu sebagai bahan referensi bagi pelajar. Kami mohon dinas pendidikan berkolaborasi dan menjadikannya sebagai muatan lokal pada kurikulum sekolah,” kata Suebu, yang juga penggagas Gerakan Sagu Masuk Sekolah.

Gerakan menanam sagu turut dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Papua Yan Yap L Ormuseray. Dia sependapat sagu harus dilestarikan dan dikembangkan di Papua.

“Sagu berkontribusi terhadap (kehidupan) masyarakat Papua. Dia dapat diolah menjadi berbagai produk makanan, selain papeda,” kata Ormuseray. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top