Follow our news chanel

Previous
Next

Keluarga berperan penting mencegah anak kecanduan gawai

Siswa sedang mengakses internet. - Jubi/Ramah
Keluarga berperan penting mencegah anak kecanduan gawai 1 i Papua
Siswa sedang mengakses internet. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Salah satu gawai seperti ponsel pintar dapat memudahkan manusia dalam mengakses berbagai informasi dengan mudah, khususnya bagi anak usia Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Anak-anak sekolah ini juga menjadikan gawai sebagai hiburan.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Ellen Montolalu, mengatakan untuk mencegah anak kecanduan gawai, bisa dilihat kembali dalam pendidikan keluarga, karena pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga, sekolah, dan masyarakat.

“Menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi orang tua agar lebih memperhatikan anak, sehingga tidak memanjakan anak dengan gadget yang ada,” ujar Ellen di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (21/2/2020).

Menurut Ellen, gawai bagi anak menjadi bermanfaat digunakan ketika mencari tugas sekolah yang diberikan guru.

“Namun, pengawasannya harus diperketat, seperti untuk mencegah anak-anak mengakses situs atau konten porno dan sejenisnya, karena berdampak pada rusaknya kualitas belajar pada anak. Apalagi anak usia PAUD dan SD yang masih rentan,” jelas Ellen.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Cliford Korwa, mengatakan orang tua mengemban tugas penting pada edukasi anak, sehingga anak terhindar dari hal-hal negatif.

Loading...
;

“Jauhkan gadget pada anak usia PAUD, membatasi aktivitas menonton, tanamkan budaya membaca, ajarkan hal-hal baik dari penggunaan gadget, dan biasakan anak berdiskusi sehingga terjalin keharmonisan dalam keluarga,” jelaas Korwa. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top